Lapas Sampit Over Kapasitas, 6 Napi Dipindah Ke Lapas Khusus Narkotika Kasongan

Narapidana Lapas Sampit
DIKAWAL KETAT: Lapas Kelas IIB Sampit saat melakukan pemindahan terhadap sejumlah WBP baru-baru tadi, menuju lapas khusus narkoba di Kasongan. (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit kembali melakukan pemindahan terhadap 6 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)nya  ke Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan baru-baru tadi.

Kalapas Kelas IIB Sampit Meldy Putera menyatakan, pemindahan warga binaan tersebut bertujuan untuk mengurangi over kapasitas dan meminimalisasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan lapas setempat.

Bacaan Lainnya

“Pemindahan tersebut merupakan upaya kami dalam mengurangi kelebihan jumlah penghuni, yang kondisinya sudah penuh atau melebihi daya tampung,” ujarnya, Sabtu (15/6/2024).

Disampaikan Meldy, di Lapas Kelas IIB Sampit saat ini terjadi over kapasitas hampir 300 persen. Upaya yang bisa dilakukan pihaknya saat ini adalah dengan melakukan pemindahan beberapa orang warga binaan.

Pemindahan semacam itu sudah beberapa kali dilakukan Lapas Sampit, harapannya hal itu dapat sedikit mengurangi kapasitas hunian, meskipun dampaknya tidak begitu signifikan.

Sementara itu proses pemindahan 6 orang warga binaan itu dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Sampit Erikjon Sitohang. Demi mencegah terjadinya gangguan keamanan saat proses pemindahan, pihaknya melakukan pengawalan ketat sesuai dengan SOP pemindahan narapidana.

Baca Juga :  Mabuk Bawa Parang, Alfi Bacok Warga

“Pemindahan yang dilakukan sesuai SOP yaitu dengan menggunakan borgol rantai dan meminta backup pengawalan dari anggota kepolisian Polres Kotim,” terang Meldy.Ia menegaskan, warga binaan yang dipindahkan merupakan narapidana yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht).

Sementara itu dibeberkan pula, kapasitas penghuni pada blok tahanan hanya untuk 220 orang. Namun berdasarkan data Lapas Sampit Jumat 14 Juni 2024, saat ini warga binaan yang ada di dalam Lapas Sampit mencapai 863 orang, terdiri dari narapidana 581 orang, tahanan 282 orang.

Meskipun begitu lanjut Meldy, pihaknya di Lapas Sampit terus melakukan langkah-langkah agar situasi didalam lapas itu tetap aman, terkendali, dan terhindar dari gangguan keamanan. Ia menegaskan, saat ini tiap blok hunian Lapas Sampit diisi oleh warga binaan secara merata dan tidak ada tempat narapidana yang diistimewakan oleh petugas.



Pos terkait