Momen Spesial Lima Ibu di Hari Kemerdekaan

melahirkan
MOMEN SPESIAL: Seorang ibu yang melahirkan bayi tepat pada momen HUT RI di Puskesmas Ketapang II, Selasa (17/8). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2021, menjadi momen spesial bagi sebagian orang. Sebanyak lima bayi lahir di Kotim pada momentum tersebut.

Bayi tersebut lahir di Puskesmas Ketapang II, Sampit. Data itu belum termasuk puluhan puskesmas dan rumah sakit di Kotim. ”Mulai dari jam 12 malam lewat lima menit, lahir dua bayi. Disusul dua bayi berikutnya pada jam dua dini hari dan terakhir siang pukul 11.20 WIB. Total bayi yang lahir sejak 1 – 17 Agustus ada 25 ibu,” kata Setyo Purwanto, Kepala Puskesmas Ketapang II Sampit, Selasa (17/8).

Bacaan Lainnya

Puskesmas Ketapang II mempunyai 15 bidan yang siap menangani persalinan bayi. Mereka bekerja dengan pembagian tiga shift. Masing-masing shift ada tiga bidan yang siap menyambut ibu melahirkan.

”Bulan ini memang lagi musim melahirkan. Bidan di puskesmas siap berkerja dengan pelayanan 24 jam, membantu proses lahiran pasien ibu melahirkan,” katanya.

Baca Juga :  Sambut Agustusan, Raja Seberang Berbenah

Seorang bidan, Mimin Yuningsih, mengaku senang membantu kelahiran bayi pada momentum HUT RI. ”Kami selalu senang menyambut bayi-bayi yang lahir. Malam tadi ada empat bayi yang lahir. Baru saja jam 11.20 WIB, seorang ibu melahirkan dengan normal,” kata Mimin.

Bayi yang ditanganinya berjenis kelamin laki-laki. Memiliki berat badan 3 kg, panjang 50 cm, lingkar dada 34 cm, dan lingkar kepala 36 cm. ”Proses persalinan berjalan lancar. Tidak menunggu lama, 15 menit langsung lahir bayinya,” katanya.

Dita (26), salah seorang pasien mengaku kelelahan usai melahirkan. ”Lelah melahirkan. Langsung terasa lapar,” katanya yang ditemani sang suami.

Pasutri ini mengaku belum mempersiapkan nama bayi pertama yang berada tak jauh dari sampingnya. Pada momen spesial itu, Dita bersama bidan yang bertugas mendapat bingkisan paket makanan siap saji dan aneka buah-buahan segar dari Radar Sampit. (hgn/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *