Musirawas Group Peringati Bulan K3 Nasional 2023

Laksanakan Apel, Simulasi Penanganan Laka Kerja, dan Penandatanganan Pakta Integritas

musirawas
Karyawan sedang simulasi memadamkan kebakaran di workshop pabrik kelapa sawit PT Musirawas Citraharpindo, Kamis 23 Feberuari 2023.

Pada Presidensi G20 Indonesia bidang ketenagakerjaan telah menyelesaikan G20 Labour and Employment Ministers Meeting (LEMM). Pertemuan yang dihadiri para Menteri Ketenagakerjaan G20 menghasilkan lima dokumen penting, salah satunya dokumen G20 Policy Principles on Adapting Labour Protection for More Effective Protection and Increased Resilience of all workers, yang berisi kesepakatan para anggota untuk memberikan perlindungan tenaga kerja yang adaptif bagi semua pekerja dalam menghadapi perubahan dunia kerja dengan memperhatikan tiga determinan utama yaitu cakupan perlindungan tenaga kerja, tingkat perlindungan, dan tingkat kepatuhan. Selain itu juga mendorong adanya kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang inklusif dan komprehensif

Berdasarkan Laporan Tahunan BPJS Ketenagakerjaan dalam tiga tahun terakhir, data jumlah kecelakaan kerja (termasuk diantaranya penyakit akibat kerja/PAK) diketahui terus meningkat. Pada tahun 2020, angka kecelakaan kerja berjumlah 221.740 kasus, tahun 2021 angka kecelakaan kerja meningkat menjadi 234.370, sedangkan yang terbaru pada tahun 2022  jumlah kecelakaan kerja tercatat sebesar 265.334.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Merajut Keberagaman melalui Tari Kolosal  
Pasang Iklan
musirawas
Jajaran manajer dan staf PT Musirawas Citraharpindo dan PT Sumur Pandanwangi usai melaksanakan apel Bulan K3 Nasional, 23 Februari 2023.

Musirawas Group mengimplementasikan tema kegiatan K3 Nasional tahun ini melalui berbagai kegiatan strategis. Diantaranya sosialiasi k3 di setiap unit kerja, pelatihan tentang penggunaan APAR, pelatihan kader P3K siaga, pelatihan penanganan ledakan kompor gas dan korban gigitan binatang berbisa, pemahaman bahaya paparan pestisida dan bahan kimia, apel gabungan dan simulasi pencegahan karhutla, sidak kesiapan alat damkar di kebun maupun desa binaan. Musirawas Group juga mengadakan medical check up terhadap karyawan terkait dengan penggunaan bahan kimia maupun yang berada para ruang bising.

Bulan K3 Nasional yang digelar Musirawas Group dirangkai dengan simulasi kecelakaan kerja serta penanganannya. Dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas Bulan K3 Nasional. Musirawas Group memberikan penghargaan kepada sejumlah karyawan yang dinilai taat dalam penerapan K3.



Pos terkait