Polisi Periksa Sekuriti Bank

Kasus Penipuan Oknum PNS

PENIPUAN
Ilustrasi. (net)

SAMPIT, RadarSampit.com – Penyidik Kepolisian Sektor (Polsek) Ketapang masih terus mendalami kasus penipuan yang dilakukan oknum pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Informasinya, penyidik Polsek Ketapang telah memanggil dan melalukan pemeriksaan terhadap salah satu sekuriti sebuah bank di Kota Sampit.

Bacaan Lainnya

Dalam pemeriksaan tersebut, sekuriti berinisial HI itu mengaku, sebelumnya ia diminta membantu membuatkan rekening bank oleh pelaku berinisial RS (43), dengan menggunakan KTP orang lain.

Namun, di depan penyidik, HI mengaku tidak tahu kalau rekening bank yang dibuat rencananya akan digunakan untuk melakukan aksi kejahatan.

”Jadi, sekuriti bank ini (HI, Red) hanya sebatas diminta tolong oleh pelaku untuk membuatkan rekening bank tersebut,” kata Kapolsek Ketapang Kompol Samsul Bahri, Senin (18/7).

Selain sekuriti, polisi juga akan mencari tahu ke mana KTP itu diserahkan hingga akhirnya dapat menerbitkan buku rekening. Lembaga perbankan tersebut disinyalir membuat buku rekening di luar prosedur.

Baca Juga :  Dua Tahun Merugi, Pedagang Kurma Tak Jera

”Tidak menutup kemungkinan pihak lainnya juga akan kami panggil, seperti customer service maupun pejabat lainnya di bank tersebut,” ujarnya.

Seperti diberitakan, aksi penipuan itu dilakukan 30 Juni lalu. Pelaku, RS, menghubungi korbannya, RH (45), yang sama-sama bekerja di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim.

Pelaku menghubungi korban dengan maksud ingin meminjam uang sebesar Rp 15 juta untuk menutupi pinjaman uang. Pelaku berjanji akan mengganti uang tersebut pada 9 Juli.

Pos terkait