Tahun Depan, Sampit Bakal Jadi Kota Cerdas, Begini Persiapannya

sampit
BERI KETERANGAN: Bupati Kotim Halikinnor saat wawancara dengan wartawan.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menargetkan realisasi program Smart City atau Kota Cerdas pada 2022. Pemkab Kotim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menginginkan agar program tersebut menjadi langkah awal menuju pemerintahan yang bersih dan good governance.

Dalam perwujudannya bukan hanya menjadi tanggung jawab dinas terkait, tetapi perlu kerja sama seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD). ”Tahun ini perencanaannya, jadi tahun depan tinggal action, sehingga target kami awal tahun depan sudah terealisasi,” ujar Bupati Kotim Halikinnor.

Bacaan Lainnya

Pengembangan program Smart City, menurut Halikinnor, menjadi keniscayaan di era digital. Smart City menjadi salah satu upaya pemerintah dalam pemanfaatan teknologi digital dalam menunjang pembangunan daerah.

Diterapkannya program tersebut, lanjutnya, memberi banyak kemudahan bagi pemerintah maupun masyarakat. Misalnya, jika ada dokumen yang harus segera ditandatangani, sementara dia berada di luar kota, penandatanganan dapat dilakukan secara elektronik atau daring.

Baca Juga :  Hendak Menyeberang Jalan, Bocah Tewas Diseruduk Mobil

”Jika nantinya diterapkan jarak jauh juga bisa, tidak perlu secara langsung,” ujarnya.

Kemudahan seperti itu, lanjut Halikinnor, harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Dengan program Smart City, pihaknya juga akan mengembangkan penyediaan akses internet untuk ruang publik. Nantinya tak hanya di lingkungan Diskominfo, fasilitas internet gratis untuk umum itu juga akan dibuka pada sejumlah titik, seperti di Taman Kota Sampit.

Menurutnya, selama ini penggunaan internet di kantor SOPD belum maksimal, sementara pembayaran internet dilakukan penuh. Untuk itu, pihaknya ingin agar masyarakat juga bisa menikmati layanan internet gratis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.