Tiga Desa di Tualan Hulu segera Teraliri Listrik Tahun Ini

Gandeng Perusahaan Bantu Perbaikan Akses Jalan dan Jembatan

perbaikan jalan tualan hulu
PENGECEKAN: Camat Tualan Hulu Admadi Sastra dan perangkat desa mengecek perbaikan jalan yang akan menjadi jalur lokasi pemasangan listrik dari Desa Tanjung Jorong menuju Desa Merah, Selasa (7/2). (IST/RADAR SAMPIT)

”Perusahaan PT HSL dan PT BHL siap menyediakan alat berat. Perusahaan lain, seperti PT TASK II, KMB, HAL, Uni Primacom, SISK, dan PT SSP siap membantu menyediakan operasional BBM-nya,” tambahnya.

Pembahasan terkait keterlibatan pihak perusahaan untuk ikut membantu memperbaiki akses infrastruktur jalan dilanjutkan dalam rapat yang dilaksanakan 26 November 2022 lalu di aula PT TASK II.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Pada pertemuan tersebut telah dilakukan perencanaan awal untuk pembangunan Jembatan Sei Pelanja di Desa Sebungsu. Jembatan Sei Pelanja menjadi akses masyarakat yang sangat penting yang menghubungkan tujuh desa, yaitu Desa Sebungsu menuju Desa Mujam, Merah, Luwuk Sampun, Wonosari, Bukit Makmur, dan Mekar Sari.

”Jembatan Sei Pelanja juga sudah ditindaklanjuti oleh Pemkab Kotim dan sudah diusulkan tahun ini. Tahun depan rencananya akan dibangun jembatan permanen menggunakan dana APBD Kotim. Tetapi, untuk sementara jembatan yang sempat putus dibantu beberapa perusahaan untuk dilakukan perbaikan darurat,” ujarnya.

Menurut Admadi, sebenarnya ada akses jalan lain, yakni melewati jalan poros provinsi menuju PT Uni Primacom. Hanya saja, jalannya agak jauh larena berputar. Lebih cepat melewati Jembatan Sei Pelanja di Desa Sebungsu.

Baca Juga :  Tabrak Lari di Simpang Bank Kalteng Belum Terungkap

Selain itu, lanjutnya, pembukaan akses jalan alternatif dari Desa Sebungsu menuju Desa Mujam juga masuk pembahasan. ”Sejumlah desa, termasuk Desa Sebungsu rawan banjir. Setiap musim hujan selalu terendam, sehingga saya memerlukan peran dan bantuan pihak perusahaan agar dapat memperbaiki jalur alternatif yang dapat diakses masyarakat dengan mudah dari Desa Sebungsu menuju Desa Mujam,” ujarnya.

Dukungan dan peran perusahaan untuk membantu memperbaiki akses jalan dan jembatan, tambahnya, dapat memberikan kemudahan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Tualan Hulu dan masyarakat sekitarnya.

”Puluhan tahun Desa Tanjung Jorong, Damar Makmur, dan Mekar Sari hanya mengandalkan penerangan malam seadanya. Tahun ini mudah-mudahan listrik PLN segera masuk dan dimanfaatkan masyarakat menerangi desa malam hari. Berkat doa seluruh masyarakat Kecamatan Tualan Hulu dan dukungan dari Pak Bupati dan Wabup Kotim, apa yang diharapkan masyarakat selama ini dapat segera terwujud sehingga dapat mendukung visi misi Bupati dan Gubernur Kalteng mewujudkan Kotim terang,” ujarnya. (hgn/ign)



Pos terkait