Aroma dan Tumpukan Sampah Membuat Malu

Aparat Pemkab Kotim Punguti Sampah di Ujung Pandaran

Wakil Bupati Kotim
Wakil Bupati Kotim bersama sejumlah perwakilan SOPD di Pemkab Kotim gotong royong membersihkan sampah yang berserakan disepanjang tepian Pantai Ujung Pandaran, Sabtu (7/5).(heny/radarsampit)

“Hari kedua Lebaran saya ngecek dan sudah saya ingatkan agar sampah diperhatikan, jangan ada masyarakat yang buang sampah sembarangan. Kenyataannya masih banyak masyarakat yang buang sampah sembarangan. Marilah kita bersama-sama menjaga pantai ini, milikilah kesadaran diri menjaga kebersihan. Karena, kebersihan adalah sebagian daripada iman,” katanya.

Dirinya juga mengimbau secara khusus kepada pihak pengelola penginapan di area Pantai Ujung Pandaran untuk melakukan pengawasan bagi setiap pengunjung dan menyediakan cleaning service yang siaga pada momen liburan dan akhir pekan.

“Untuk pengelola wisata penginapan di area Pantai Ujung Pandaran, saya mohon ketika momen hari-hari besar seperti libur lebaran, libur natal dan tahun baru ataupun akhir pekan tolong ditambah CS-nya. Siagakan 20 orang untuk mengantisipasi agar sampah tidak sampai berserakan seperti ini,” katanya.

Irawati menyesalkan kurangnya kepedulian pihak pengelola dalam pengawasan terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Saya rasa penyediaan tong sampah dari pihak pengelola masih kurang dan keaktifan pengelola juga masih kurang. Dia (pengelola) menyediakan tempat sampah tapi tidak mengimbau pengunjungnya untuk membuang sampah pada tempatnya. Ini sangat memperihatinkan,” pungkasnya. (hgn/gus)



Baca Juga :  Hidup Sebatang Kara, Rumah Kakek Ini Membara, Nyaris Ikut Terpanggang

Pos terkait