Tak Dikelola Rumah Sakit, Semua Limbah Medis Dimusnahkan di Bogor

sampah sampit
SAMPAH : Dua kontainer untuk menampung sampah domestik dan limbah medis dibuang sementara pada ruang tertutup berbahan baja ringan di dekat bangunan Ruang Teratai, RSUD dr Murjani Sampit, Rabu (17/1/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

Sedangkan, sampah domestik atau sampah tidak berbahaya ditangani oleh DLH Kotim. “Kami awalnya inginnya sampah itu diangkut dua kali sehari, sempat ingin mencari pihak ketiga, tetapi dari DLH Kotim sudah memfasilitasi untuk pengangkutan dua rit per hari,” ujarnya.

Mengenai bau sampah yang ditimbulkan, menurutnya dapat diatasi. Karena, dua kantainer sampah yang tadinya ditempatkan didekat Ruang Jenazah, sejak Februari 2023 lalu sudah dipindahkan ke samping bangunan Ruang Teratai yang jauh dari Jalan Batu Berlian sehingga dipastikan tidak akan menimbulkan bau yang tak sedap.

Bacaan Lainnya

“Dulu waktu Covid-19, sampah memang dilakukan pembakaran, setelah Covid-19 menjadi endemic, izin pembakaran tidak diperpanjang. Sehingga, sampah domestik dikelola DLH Kotim dan sampah limbah medis dikirim ke Bogor. Jadi, sampah tidak dikelola rumah sakit,” tegasnya.

Dalam pengangkutan sampah dari ruangan ke ruangan. Petugas kebersihan juga diwajibkan menggunakan alat pelindung diri, menggunakan sarung tangan, masker, apron, sepatu khusus agar tidak membahayakan.

Baca Juga :  Jam Operasional Citimall akan Digeser

“Setiap hari tosanya juga dicuci setelah selesai dipakai. Yang membuang sampah limbah medisnya juga wajib harus mandi langsung, APD yang dikenakan sekali pakai, buang. Kamar mandi juga disediakan khusus agar petugas kebersihan benar-benar bersih dan terlindungi dari limbah medis yang dikhawatirkan membahayakan tubuh,” ujarnya.

Menanggapi pernyataan masyarakat yang menyebut pengelolaan sampah limbah medis dilakukan di rumah sakit. Sudah dijelaskan pula ke anggota kepolisian.

“Tadi siang anggota kepolisian juga telah mengecek tata letak penampungan sampah limbah medis dan limbah domestik yang terpisah. Polisinya juga memahami dan melihat sendiri bahwa sampah limbah medis tidak mungkin sembarang dibuang dan tidak disatukan dengan limbah domestik,” tandasnya. (hgn/sla)



Pos terkait