Terpapar Asap, Personel BPBD Kobar Tumbang di Lokasi Karhutla

petugas bPBD kobar tumbang
TUMBANG: Salah seorang personel BPBD Kobar nyaris pingsan dan harus diberikan bantuan oksigen saat penanganan Karhutla di Kubu, Minggu (3/9/2023). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

Dijelaskannya, vegetasi yang terbakar berupa semak belukar mengering membuat api dengan cepat merembet dan meluas, terlebih kontur tanah yang terbakar berupa gambut sehingga api masuk hingga ke dalam.

“Kalau melihat kondisinya masih panjang waktu untuk penanganan di Kubu, banyak kendala yang dihadapi, terutama arah angin,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Terkait dengan ketidakpedulian perusahaan tambang yang berada di dekat area yang terbakar, dia meminta kepada aparat hukum untuk menegur managemen perusahaan agar ikut peduli terhadap peristiwa karhutla.

Selain di Kubu, personel dari regu lainnya juga melakukan penanganan karhutla yang terjadi di beberapa lokasi di Kota Pangkalan Bun, yaitu di Jalan Bamban Raya II, arah Karang Anyar, Kecamatan Arsel, kemudian di samping Alfamart Perumahan Bumi Asih, Pasir Panjang serta di Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai.

”Meski dapat kita tangani dengan cepat dan luasan tidak seberapa namun peristiwa karhutla yang semakin masif membuat personel harus terbagi,” pungkasnya. (tyo/sla)



Baca Juga :  Minta Hujan dengan Ritual Adat

Pos terkait