Tetap Dalami Laporan Istri Sambo

Cek Tempat Kejadian Perkara di Duren Tiga Hari Ini

tim dari lembaga perlindungan saksi dan korban (lpsk) keluar dari kediaman istri irjen pol ferdy sambo
TERUS DIDALAMI: Tim dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) keluar dari kediaman istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (9/8). LPSK mendatangi kediaman istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi untuk melakukan asesmen psikologi.

Dari situlah alasan Komnas HAM perlu mendalami dugaan pelecehan seksual yang dilaporkan Putri. Apalagi sampai saat ini motif pembunuhan Yosua belum klir. Khususnya motif yang membuat Sambo begitu emosi dan marah sehingga memutuskan membunuh Yosua. Sejauh ini, Sambo menyebut kemarahan itu karena Yosua melukai harkat dan martabat keluarganya.

”Kami harap penelusuran (motif) tidak perlu diekspose karena sensitif bagi keluarga J (Yosua, Red) maupun ibu PC (Putri Candrwathi, Red),” kata Taufan.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Komnas HAM akan menggandeng para ahli untuk mengungkap motif tersebut. ”Biarlah kami tangani (penelusuran motif pembunuhan, Red) bersama ahli,” imbuhnya.

Selain menelusuri motif, Komnas HAM akan menggelar olah tempat kejadian perkara (TPK) pembunuhan Yosua di Kompleks Duren Tiga. Rencananya pengecekan akan dilakukan hari ini (15/7) pukul 10.30. ”Peninjauan langsung ke lokasi peristiwa diharapkan semakin membuat terangnya peristiwa,” kata Taufan.

Selain itu, Komnas HAM rencananya akan kembali meminta keterangan Bharada E. ”Kami juga menunggu autopsi ulang (jasad Yosua), dan menganalisis digital forensik,” terangnya. Semua tahapan pemantauan dan penyelidikan itu akan disusun, dan dilaporkan ke Presiden, DPR dan Kapolri.

Baca Juga :  Kesaksian Dua Orang Ini Bisa Jerat Sambo Jadi Tersangka

Sementara itu, lima perwira menengah atau pamen Polda Metro Jaya ditahan sebagai buntut dugaan pelanggaran etik terkait kasus pembunuhan Brigadir J. Empat perwira menengah diantaranya ditahan di Biro Provost Mabes Polri. Keempatnya saat ini berada di tempat khusus (Patsus).

Sebelumnya, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirkrimum) Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Diketahui dari empat perwira menengah yang ditahan, ada tiga yang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yakni Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Handik Zusen, Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah dan Kasubdit Renakta Polda Metro Jaya AKBP Pujiyarto.

Kemudian satu orang lainnya berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kompol) yakni Kanit 2 Jatanras Polda Metro Jaya Kompol Abdul Rohim. “Betul, hasil riksa dan gelar kemarin malam ditetapkan empat Pamen PMJ (Polda Metro Jaya) yaitu tiga AKBP dan satu Kompol menjalankan Patsus di Biro Provost Mabes Polri,” kata Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, kemarin (14/8).



Pos terkait