Ini Isyarat Banjir di Kotim Bakal Semakin Parah

banjir
PAKAI PERAHU: Penyaluran bantuan banjir di Kotim harus menggunakan perahu. (RADAR SAMPIT)

”Banjir di Hanjalipan kabarnya naik lagi sekitar 10 cm. Di Palangan dan desa lainnya juga masih banjir. Bahkan, jalan menuju Desa Simpur untuk sementara tidak bisa dilewati kendaraan motor,” katanya.

Di Kecamatan Mentaya Hulu, banjir terjadi di Kelurahan Kuala Kuayan dan 12 desa, di antaranya Desa Baampah, Kawan Batu, Penda Durian, Tanjung Bantur, Tanjung Jariangau, Tangka Robah, Tangar, Bawan, Pemantang, Tumbang Sapiri, Pahirangan, dan Sationg. Ketinggian banjir berkisar antara 30-90 cm.

Bacaan Lainnya

”Jumlah warga yang terdampak ada 2.345 KK yang terdata di 12 desa dan satu kelurahan. Ketinggian banjir antara 30-90 cm, bahkan ada yang mencapai hampir 2 meter. Di Kecamatan Mentaya Hulu, hanya tiga desa yang datarannya tinggi, seperti di Desa Pantap, Kapuk, dan Santilik yang tidak banjir,” kata Asyari, Camat Mentaya Hulu.

Asyari mengatakan Pemprov Kalteng telah menyerahkan bantuan paket sembako yang diangkut menggunakan truk. “Truk diparkir di Polsek Mentaya Hulu, sampai dengan malam nanti barang masih dihitung, kami belum mengetahui berapa banyak yang disalurkan untuk Kecamatan Mentaya Hulu,” ujarnya.

Baca Juga :  Dukung Kadernya Maju Pilgub, KAHMI Kalteng Sebut Tokoh Ini Potensial Maju

Terpisah, Plt Camat Antang Kalang Watmin mengatakan, banjir di wilayahnya sudah surut total. Masyarakat sudah bisa beraktivitas dengan normal. ”Siang tadi sudah surut, cuaca panas. Kalau malam ini hujan kemungkinan bisa terjadi banjir lagi, tetapi tidak separah kecamatan lainnya,” kata Watmin kepada Radar Sampit.

Watmin mengatakan, wilayah Antang Kalang kerap banjir setiap tahun, namun air cepat surut. ”Banjir yang selalu terjadi setiap tahun. Tetapi, ketinggian banjir tidak separah kecamatan lainnya. Kalaupun banjir, wilayah Antang Kalang cepat surut,” tandasnya. (hgn/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *