Jemput Jemaah Haji, Pemkab Kotim Carter Pesawat

Jemaah Haji Kotim
SIAP BERANGKAT: CJH Kotim siap berangkat menuju Madinah untuk menunaikan ibadah haji beberapa waktu lalu. (IST/RADAR SAMPIT)

“Ada negoisasi karena Pemkab Kotim tidak carter full, dari pihak NAM Air tetap melayani atau mengangkut penumpang reguler jadi tarifnya dapat diturunkan dan disepakati sebesar Rp 220 juta untuk mengangkut 91 jemaah dari Bandara Syamsudinor Banjarmasin menuju Bandara Haji Asan Sampit,” kata Diana.

Setiba di embarkasi Banjarmasin, jemaah haji Kotim akan menginap selama satu malam di Asrama Haji Banjarbaru dan akan dijadwalkan berangkat menggunakan  NAM Air keesokan harinya pada Minggu (31/7) sekitar pukul 10.00 WITA. Seluruh jemaah haji juga diwajibkan mengikuti pemeriksaan tes antigen. Apabila ditemukan jemaah haji Kotim yang reaktif atau positif Covid-19 maka panitia akan memisahkan jemaah yang terpapar Covid-19 menggunakan transportasi jalur darat.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

“Kami sudah siaga apabila hal yang tidak terduga terjadi, ada jemaah asal Kotim yang positif Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan maka akan kami pisahkan dengan jemaah yang lain menggunakan jalur darat untuk mencegah penyebaran Covid-19 tak meluas ke jemaah lain. Tetapi, yang kami harapkan semoga itu tidak terjadi. Kita hanya siaga saja apabila ada kemungkinan terburuk,” katanya.

Baca Juga :  Legislator Ini Apresiasi Pengembalian Jabatan Sanggul

Acara penyambutan jemaah haji Kotim tidak digelar di Masjid Islamic Center seperti pada tahun-tahun sebelumnya, namun jemaah haji langsung disambut di Bandara Haji Asan Sampit. Diana  meminta Kemenag Kotim untuk berkoordinasi dengan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi dalam hal susunan acara dan proses penyambutan jemaah haji Kotim.

“Untuk pengambilan bagasi akan dilakukan oleh pihak keluarga jemaah, nantinya akan kami berikan ID Card dan diminta menunjukkan bukti paspor haji. Bagasi akan dikumpulkan jadi satu dan diserahkan secara tertib,” ujarnya.

Pemkab Kotim akan menyurati Polres Kotim, Dishub Kotim dan Satpol PP untuk proses pengamanan, pengaturan parkir selama kegiatan berlangsung, dan lainnya.

Station Manager NAM Air Sampit Julianto Anggi mengatakan, persiapan untuk melayani jemaah haji Kotim sudah 90 persen. Sesuai jadwal penerbangan, NAM Air berangkat mengangkut penumpang reguler dari Bandara Haji Asan Sampit menuju Bandara Syamsudinor pukul 08.20 WIB dan tiba pukul 10.10 WITA. Kemudian, jemaah haji Kotim dijadwalkan berangkat pukul 10.55 WITA dan dijadwalkan tiba di Bandara Haji Asan Sampit pukul 10.45 WIB.



Pos terkait