Kontribusi GPPI Bantu Pencegahan dan Penanggulangan Stunting

NARASUMBER: Ketua GPPI Kotim Siswanto saat menjadi narasumber pertemuan mitra kerja Program Bangga Kencana Provinsi Kalteng yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng di Palangka Raya, Kamis (15/7) lalu.

SAMPIT – Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang terhimpun dalam Gabungan Pengusaha Perkebunan Indonesia (GPPI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah (Kalteng) berkomitmen membantu mencegah dan menanggulangi stunting.

“Kami mempunyai pemahaman yang sama, bahwa kami perlu berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan stunting, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur,” kata Ketua GPPI Kotim Siswanto saat menjadi narasumber pertemuan mitra kerja Program Bangga Kencana Provinsi Kalteng yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng di Palangka Raya, Kamis (15/7) lalu.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran bersama peserta dari berbagai daerah yang mengikuti secara virtual.

Siswanto memaparkan peran GPPI dalam pencegahan dan penurunan stunting melalui optimalisasi corporate social responsibility (CSR). Ada 58 perusahaan perkebunan di Kotawaringin Timur yang tergabung dalam GPPI turut serta dalam program pencegahan dan penurunan stunting.

GPPI telah membuat MoU dengan Bupati Kotim pada 2020 lalu terkait upaya bersama mencegah dan menanggulangi stunting. Kesepakatan tersebut untuk meningkatkan sinergitas, karena sebelumnya telah terjalin kerja sama antara beberapa perusahaan dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kotim terkait pencegahan dan penanganan stunting.

Stunting atau gagal tumbuh pada bayi akibat kekurangan gizi parah, khususnya pada 1000 hari pertama kelahiran itu turut menjadi perhatian GPPI. Pasalnya penyakit yang umumnya ditandai dengan kondisi tubuh anak pendek itu berpengaruh terhadap kualitas generasi penerus nantinya.

Pos terkait