Kotim Kejar Target Predikat Kabupaten Layak Anak 

Ditenggat Dua Hari, Lembur Lengkapi Poin Penilaian

kla logo
Ilustrasi KLA

”Setelah verifikasi secara hybrid 31 Mei 2023, kami diberikan waktu selama dua hari bekerja lembur menginput data untuk melengkapi data yang kurang, seperti surat yang belum ada tanda tangan dan cap, serta data penunjang lainnya. Contohnya, data anak yang menghadapi masalah hukum. Data itu diperoleh dari Polres dan Bapas Kotim,” kata Nenny, Senin (5/6).

Nenny mengatakan, Tim Evaluasi dari KemenPPPA masih melakukan verifikasi lapangan secara hybrid pada 23 Mei-6 Juni 2023 dan secara offline pada 7-25 Juni 2023 di 14 kabupaten/kota se-Kalteng.

Bacaan Lainnya

”Ada tujuh kabupaten di Kalteng yang siap dinilai dan yang sudah dilakukan penilaian itu di Kotim, Kobar dan Kapuas, setelah itu Barito Selatan, Pulang Pisau, Katingan, dan Palangka Raya,” katanya.

Setelah selesai verifikasi lapangan dilanjutkan konsinyasi verifikasi lapangan dengan provinsi di mana KK yang lolos tahap final dijadwalkan 26-28 Juni 2023. Verifikasi final dan SK penetapan peraih KLA akan ditetapkan pada 3-5 Juli 2023 dan dilanjutkan pembuatan piala dan sertifikat pada 7 April-7 Juli 2023.

Baca Juga :  Ketika Narapidana Temukan Islam di Balik Jeruji Besi Penjara 

Untuk diketahui, KemenPPPA pada tahun 2022 lalu telah memberikan penghargaan kepada 320 kabupaten/kota, yang terdiri dari delapan peringkat utama, 66 kabupaten/kota peringkat Nindya, 117 kabupaten/kota peringkat Madya, dan 121 kabupaten/kotaperingkat Pratama. Apresiasi juga diberikan kepada 8 provinsi yang telah melakukan upaya keras untuk mewujudkan Provila.

”Penghargaan Kota Layak Anak akan dilakukan secara online khusus pada kabupaten/kota yang meraih peringkat pratama dan untuk kota yang meraih peringkat madya keatas akan diambil sendiri dalam pertemuan yang dijadwalkan pada 23 Juli 2023,” ujarnya.

Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak DPPPAPPKB Kotim Lesty Afianty menambahkan, Kotim sudah dicanangkan melaksanakan program KLA pada November 2017. Penilaian dimulai dari 2018 dan sempat tidak ada penilaian pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. Pada 2021 Kotim mendapatkan penilaian 481 poin setelah diverifikasi provinsi.



Pos terkait