Masjid Baabul Jannah, Beri Pilihan Jemaah Bisa Ikuti Salat 11 Rakaat atau Bertahan 23 Rakaat

Jelajah Masjid di Kota Sampit selama Ramadan (16)

boks 2
Masjid Baabul Jannah yang berlokasi di Jalan Gunung Bromo I atau di ujung utaranya Jalan Kerinci, Kecamatan Baamang

Menurutnya, tak semua jemaah mampu melaksanakan salat 23 rakaat, karena alasan faktor usia, pekerjaan shift malam, kelelahan saat bekerja seharian penuh, meninggalkan anak yang masih balita, dan urusan lain.

”Kami memahami tidak semua jemaah mampu bertahan salat 23 rakaat sampai selesai. Daripada kepikiran dan tidak khusyuk beribadah, jemaah ada yang memilih mengerjakan salat tarawih semampunya sesuai standar delapan rakaat, ditambah tiga rakaat witir yang dilaksanakan totalnya 11 rakaat,” ujar pria yang masih aktif menjabat sebagai Sekretaris BKAD Kotim ini.

Bacaan Lainnya

Mulai dari salat wajib isya sebanyak empat rakaat, dilanjutkan salat sunnah tarawih 20 rakaat dan tiga rakaat witir yang dilaksanakan di Masjid Baabul Jannah memerlukan waktu kurang lebih satu jam dengan bacaan yang tidak terlalu cepat dan tidak pula terlalu lambat, sama seperti masjid-masjid di Kota Sampit.

masjid baabul jannah
Ketua Takmir Masjid Baabul Jannah Ahmad Joniansyah (tengah) bersama anggota pengurus masjid, Minggu (31/3/2024).

”Salat tarawih di Masjid Baabul Jannah tidak ada beda dengan masjid lainnya. Sekitar jam 8 malam lewat sedikit sudah selesai. Walaupun dilaksanakan sebanyak 23 rakaat, bacaannya juga tidak terburu-buru terlalu cepat, bacaan imam dibaca sedang. Surah Alquran yang dilantunkan dalam salat, surah-surah pendek sehingga tidak memberatkan jemaah,” ujarnya.

Baca Juga :  Ketika Banjir Sering Menyapa Warga Baamang

Salat sunnah tarawih diimami Ahmad Haris dan Yatno sebagai imam tetap. Ada pula Haji Zainudin Awi, Ali Azmi, Supandi, Syaufi, dan Rujianur yang diminta menjadi imam salat tarawih selama Ramadan 1445 Hijriah.

”Setelah salat tarawih selesai dilanjutkan Tadarus Quran dan menjelang magrib juga menyediakan 50 porsi takjil untuk jemaah yang berbuka di masjid,” kata Joniansyah yang sudah menjadi Ketua Takmir Masjid Baabul Jannah sejak tahun 2021 menggantikan Zulkifli.

Selain Ramadan, Masjid Baabul Jannah juga menjalankan program ibadah rutin setiap malam Senin setelah Magrib pengajian ilmu fiqih oleh Ustaz Abdul Hakim, malam Kamis setelah magrib pembacaan hadist nabi Ustaz Zaini Anwar (anak Alm Khairul Anwar), malam Jumat baca yasin, setiap Jumat sore setelah ashar pengajian yasinan ibu-ibu, dan setiap Sabtu sore setelah ashar habsyi.



Pos terkait