Sanggar Intan Berlian Menggelar Pertunjukkan 

Warga Bangkal Antusias Saksikan Pagelaran Seni dan Budaya 

musirawas
Tamu undangan foto bersama anggota Sanggar Seni Budaya Intan Berlian di lapangan Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya, Sabtu (26/2)

Puncak acara ulang tahun sanggar diisi dengan pemotongan tumpeng, dan ditutup dengan hiburan musik.

Pj Kepala Desa Bangkal Susila Sri Wahyuni mengatakan bahwa Desa Bangkal merupakan desa yang masih kental akan adat dan budaya daerah. Warga desa juga banyak yang memiliki keterampilan seni ukir dan seni anyam yang bisa dijadikan souvenir.

”Kami yakin Bangkal bisa menjadi destinasi wisata budaya. Di sini ada situs situs budaya yang terjaga dengan baik, ada rumah betang, punya sanggar seni yang aktif memberikan pembinaan kepada generasi muda, punya perguruan seni bela diri, dan memiliki banyak pengrajin ukiran dan anyaman,” kata Susila.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa keberadaan sanggar seni tidak lepas dari dukungan banyak pihak, terutama Musirawas Citraharpindo yang menjadi donatur tetap.

musirawas
Ketua Sanggar Intan Berlian memberikan cinderamata kepada Pt Musirawas Citraharpindo, Karang Taruna Desa Bangkal, TP PKK Desa Bangkal, PSHT Desa Bangka, dan keluaga (alm) Sihoy Sapar.

Ketua Sanggar Seni Budaya Intan Berlian Novia Dewi Hurai mengatakan, Sanggar Seni Budaya Intan Berlian  didirikan oleh  (alm) Sihoy Sapar. Sihoy mendedikasikan hidupnya untuk seni tari dan musik di Desa Bangkal. Ketika Sihoy meninggal dunia, aktivitas sanggar dilanjutkan oleh (Alm) Agus Engkang dan kawan kawan (dkk), lalu dilanjutkan lagi oleh Itai dkk hingga tahun 2020.

Baca Juga :  Peringati Hari Ginjal Sedunia, RSUD dr Murjani Sampit Gelar Seminar Awam

Tahun 2021 diadakan pembaharuan pengurus oleh beberapa seniman dengan harapan sanggar bisa berkembang dan memiliki daya saing. ”Sanggar Intan Berlian juga sering tampil dalam berbagai acara, perlombaan, dan promosi budaya Kalteng,” ujar Novia.

Novia juga menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung kegiatan, terutama Pemerintah Desa Bangkal dan Musirawas Citraharpindo.

Sementara itu Kabag Kemitraan Musirawas Group Irfan Hafid mengatakan, Desa Bangkal memiliki hubungan historis sejak awal berdirinya Musirawas.  Dalam program CSR di bidang  seni  dan budaya, Musirawas fokus untuk membantu kegiatan sanggar di Desa Bangkal. Sebab, Bangkal memiliki aneka ragam seni, mulai dari seni ukir, seni anyam, seni musik, dan seni tari.



Pos terkait