Siswa SMP IT Arafah Kunjungi Radar Sampit 

Penasaran dengan Proses Penyajian Berita di Media Massa

SMP IT Arafah
KUNJUNGAN: Siswa SMP IT Arafah Sampit melakukan kunjungan ke Kantor SKH Radar Sampit, Sabtu (16/9/2023). (YUNI/RADAR SAMPIT)

Selama kegiatan para siswa dipandu langsung Koordinator Liputan (Korlip) Radar Sampit Heru Prayitno. Saat berada di ruang redaksi mereka diperkenalkan dengan perangkat pekerjaan para keredaksian dan design grafis.

Kepada para siswa, jurnalis senior Radar Sampit ini menjelaskan secara singkat tentang proses kerja wartawan dalam mencari berita kemudian membuatnya. Dilanjutkan editing dari redaktur dan proses desain ke dalam halaman surat kabar. Terakhir, mereka diajak ke ruang percetakan untuk melihat bagaimana proses pencetakan koran itu sendiri.

Bacaan Lainnya

“Reporter mencari berita setiap hari. Berita yang didapat kemudian melalui tahapan editing oleh para redaktur. Redaktur yang menentukan apakah berita tersebut layak terbit atau tidak,” sebutnya.

Dijelaskannya seluruh informasi yang diolah sudah melalui proses seleksi ketat, mulai memperhatikan etika jurnalistik dan hukum. Karenanya asas keberimbangan dan konfirmasi menjadi penting dalam pembuatan berita. Oleh karenanya, seluruh berita yang sudah terbit di koran sudah bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  Anggarkan Rp 1 Miliar , Kotim Bakal Punya Rumah Singgah yang Layak

Dirinya juga menjelaskan bahwa cara kerja di SKH Radar Sampit saling berkesinambungan antara reporter, editor, layout, hingga cetak, sehingga dalam prosesnya deadline sangat diperhatikan. Jika satu divisi saja terlambat deadline, atau terganggu akan memengaruhi hasil akhir proses cetak koran. (yn/yit) 

 

 



Pos terkait