Tips Menjaga Traksi Roda Saat Berkendara

Menjaga Traksi Roda Saat Berkendara
Ilustrasi

Ukuran lebar ban juga berpengaruh dalam menghadirkan traksi yang baik. Ban seperti ini punya traksi yang jauh lebih baik ketimbang ban ukuran kecil atau ban cancing. Pabrikan tidak menyarankan para pemilik motor memodifikasi ban standar dengan ukuran yang lebih kecil. Karena rentan kehilangan traksi dan rentan terhadap benturan.

Kenali & Pilih Rute Berkendara

Meskipun motor sudah dalam kondisi prima, terkadang faktor kondisi jalan kerap menjadi penyebab roda ban kehilangan traksi sehingga motor sulit di kontrol. Hindarai jalanan yang berpasir, berbatu, berlumpur dan banyak didominasi tanah atau genangan air, karena beresiko ban selip.

Berkendara Secara Konstan & Halus

Teknik dan gaya berkendara seorang rider juga mempengaruhi performa traksi ban ke jalan. Semakin agresif gaya berkendara, dengan cara memuntir tuas gas secara penuh secara tidak konstan dan sering melakukan rem mendadak atau hard braking, maka ban motor kehilangan traksi terutama saat di jalan yang licin.

Manfaatkan fitur ABS & TCS

Di beberapa motor seperti All New NMAX 155 Connected ABS, sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang dapat menghadirkan #kontrolMAXImal saat berkendara. Fitur tersebut meliputi Dual Channel ABS dan Traction Control System (TCS). Fitur ini dapat dimanfaatkan dalam menjaga traksi roda ban ke aspal.

Baca Juga :  WhatsApp Menghadirkan Fitur Baru: Kirim Foto dan Video dalam Kualitas Penuh Tanpa Kompresi

Fitur Dual Channel ABS misalnya, mampu mencegah roda ban depan dan belakang terkunci saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking. Dengan demikian, motor pun akan lebih mudah untuk dikendalikan.

Sementara itu untuk TCS, fitur satu ini berperan menjaga ban agar tidak kehilangan traksi saat berakselerasi dipermukaan jalan yang licin ataupun berpasir. Pada All New NMAX 155 Connected ABS, TCS dapat disetel aktif dan non-aktif melalui tombol switch bar dengan menu pilihan yang tertera di speedometer.(JPG)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *