UMi The Series: Pembiayaan UMi untuk UMKM Berdaya

KPPN pangkalan bun
PEMBERDAYAAN: KPPN Pangkalan Bun menyelenggarakan Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) pada Rabu (15/6/2022) pukul 09.00-11.00 WIB secara hybrid di Aula KPPN Pangkalan Bun dan melalui zoom meeting. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

Kegiatan dilanjutkan oleh perwakilan PT Pegadaian CP Pangkalan Bun, Ernawati, selaku narasumber dengan menyampaikan paparan mengenai Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Layanan yang diberikan oleh PT Pegadaian CP Pangkalan Bun yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM yaitu Kreasi Reguler (Mikro Kreasi), Kreasi Fleksi, dan Kreasi Ultra Mikro.

Kreasi Reguler (Mikro Kreasi) adalah kredit dengan angsuran bulanan untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Solusi kredit bagi para pelaku usaha mikro kecil dengan mneggunakan BPKB sebagai agunan berprinsip fidusia. Batas pinjaman mulai Rp1.000.000 sampai dengan Rp.400.000.000 dengan pinjaman berjangka waktu fleksibel (12, 18, 24, 36, dan 48 bulan).

Kreasi Fleksi adalah kredit untuk pengembangan usaha dengan angsuran fleksibel. Pinjaman dimulai dari Rp1.000.000,00 dengan jangka waktu pinjaman bervariasi (3, 4, 6, 12, 18, 24, 36 bulan).

Keunggulan dari layanan ini yaitu pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dan pembayaran dapat dilakukan dengan sistem pembayaran sekali bayar atau bayar berkala.

Kreasi Ultra Mikro adalah kredit dengan angsuran bulanan/berjangka untuk pengembangan usaha ultra mikro sampai dengan 10 juta rupiah dan disertai dengan pendampingan. Solusi kredit bagi para pelaku usaha mikro kecil dengan menggunakan BPKB sbagai agunan berprinsip fidusia. Batas pinjaman mulai Rp1.000.000 sampai dengan Rp10.000.000 dengan pinjaman berjangka waktu fleksibel (12, 18, 24, 36, dan 48 bulan).

Baca Juga :  Jalur Trans Kalimantan Poros Selatan Lamandau Longsor

Setelah penyampaian materi oleh PT Pegadaian CP Pangkalan Bun, peserta sosialisasi berdiskusi bersama narasumber mengenai berbagai jenis layanan yang diberikan oleh PT Pegadaian CP Pangkalan Bun. Sesi diskusi berjalan sangat interaktif antara pelaku UMKM dengan narasumber dari PT Pegadaian CP Pangkalan Bun.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pesan oleh Kepala Seksi Bank KPPN Pangkalan Bun, Agung Cahyono. Saat itu disampaikannya bahwa akan ada pojok UMKM yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menitipkan produknya dan kondisi terkini terkait program pembiayaan UMi di Kabupaten Kotawaringin Barat.



Pos terkait