DASAR APESS!!! Sudah Gagal Juara, Inggris Justru Berdebar Menanti Sanksi

BERAKHIR RUSUH: Fans Inggris berkumpul di Leicester Square menjelang pertandingan final Euro 2020, Minggu (11/7) lalu. (WREUTERS/HENRY NICHOLLS)

Ini bukan kali pertama UEFA menjatuhkan sanksi kepada anggotanya saat pandemi Covid-19 melanda.  Bulan ini, mereka juga telah memberikan hukuman dua laga tanpa penonton buat Hungaria.  Hukuman itu dijatuhkan atas perilaku rasis dan homofobik pendukung Hungaria ketika berlaga di fase grup Euro 2020.  Selain tanpa penonton, Hungaria harus membayar denda sebesar EUR 100 ribu.

Tak hanya perilaku brutal sejumlah oknum suporternya.  Citra timnas Inggris juga tercoreng oleh sikap rasialis sejumlah fans mereka terhadap pemain berkulit berwarna.  Yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka.  Ketiganya langsung mendapat serangan berbau rasialis di media sosial.

Bacaan Lainnya

Penyebabnya, mereka dianggap biang kerok kegagalan Inggris dalam adu penalti melawan Italia.  Nah, atas perilaku ini, mantan bek timnas U-21 Inggris Anton Ferdinand sangat menyayangkan.  Adik kandung Rio Ferdinand ini juga mendukung jika Inggris harus dilarang menjadi tuan rumah turnamen sepak bola besar lainnya, sampai pelecehan berbau rasialis bisa dihilangkan dari permainan. “Ya, harus ada konsekuensinya, pasti ada konsekuensinya,’’ tandas Anton

Baca Juga :  M City Berpeluang Pimpin Klasemen

”Begitulah cara orang belajar. Anda harus mau belajar, itulah masalahnya. Anda harus bersedia untuk memahami dan berpikiran terbuka tentang apa itu (perbedaan warna kulit). Rerutama ketika berbicara tentang sisi diskriminasi,’’ ujar mantan pemain West Ham United itu.

”Kami berada di generasi yang berbeda sekarang, apa yang kami lihat adalah sikap multi-budaya. Bukan lagi hanya etnis minoritas yang membicarakan hal ini. Jadi inilah saatnya bagi orang-orang fanatik dan orang-orang bodoh yang tidak berpendidikan ini untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat saat ini,’’ kecamnya. (bas/jpg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.