Debat Cawapres Kali Ini Krusial untuk Keberlanjutan Masa Depan Indonesia

debat cawapres
debat cawapres

Komandan Tim Komunikasi TKN Budisatrio Djiwandono menambahkan, salah satu gagasan Prabowo-Gibran di debat keempat adalah keberpihakan terhadap upaya konservasi alam di Indonesia. Keberpihakan tersebut ditunjukkan dalam visi misi yang juga membahas perlindungan serta penghentian perusakan kawasan konservasi, perlindungan satwa dan tumbuhan langka, disertai hukuman yang berat kepada pihak yang melanggar.

’’Ini adalah prioritas dan penting untuk generasi mendatang,” tegas Budisatrio.

Bacaan Lainnya

Sosok yang saat ini menjabat ketua panja penyusunan Revisi Undang-Undang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (KSDAHE) tersebut menjelaskan bahwa sikap tegas Prabowo-Gibran akan ditunjukkan dalam penegakan hukum di setiap pelanggaran.

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Andi Widjajanto membeberkan kesiapan cawapres Mahfud MD. Sepanjang pengalaman sebagai pembela rakyat, Mahfud sudah terbiasa berdebat. ’’Tentu beliau sudah siap lahir dan batin berdebat untuk rakyat,” ucap Andi.

Baca Juga :  Anies Baswedan Sebut Reformasi Tata Niaga Pangan jadi Prioritas Jika Terpilih

Menurutnya, Mahfud juga menguasai topik yang akan diperdebatkan. Selama ini Mahfud sering menguak kasus. Misalnya, eksploitasi sumber daya alam (SDA) yang secara hebat merusak lingkungan dan mengorbankan masyarakat.

Terkait tema debat keempat, kata Andi, visi dan misi Ganjar-Mahfud sangat berpihak kepada rakyat. Misalnya, akses terhadap SDA yang setara bagi seluruh masyarakat, redistribusi dan legalisasi tanah rakyat, serta percepatan pengakuan atas hak-hak masyarakat adat terhadap ekonomi, lingkungan, dan lahan.

Ganjar-Mahfud juga berkomitmen untuk mempercepat transisi energi baru terbarukan. ’’Ada juga rencana penutupan PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) karena menyebabkan polusi hebat yang sangat merugikan kesehatan masyarakat di daerah perkotaan,” terang mantan gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) itu.

Andi juga menyebutkan bahwa pasangan calon (paslon) nomor urut 3 itu melihat jauh ke depan. ’’Mas Ganjar dan Prof Mahfud menginginkan Indonesia yang pasti lebih baik, terutama untuk anak muda yang akan meneruskan pembangunan,” pungkas Andi. (wan/dee/idr/far/lum/tyo/c17/oni/jpg)



Pos terkait