”Dosa” Besar Pemerintah Gagal Redam Amukan Karhutla

karhutla sampit
BUMI MENGHITAM: Ratusan ribu hektare lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur terbakar saat musim kemarau tahun ini.

Selain itu, lanjut Halikinnor, pihaknya telah mengeluarkan sayembara pada masyarakat yang menemukan pelaku pembakar lahan, disertai bukti foto dan video, akan diberikan hadiah Rp10 juta. Namun, tak ada masyarakat yang melapor. Padahal, hal itu dilakukan agar masyarakat aktif meningkatkan kesadarannya.

”Akibat perbuatan satu orang, kita semua yang menanggung akibatnya dan dampaknya sudah mulai dirasakan, baik pendidikan, kesehatan, transportasi, sampai ekonomi,” katanya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Halikinnor mengatakan, dirinya telah berkali-kali menyampaikan dalam setiap kesempatan pada ketua RT, kades, dan lurah di Kotim, agar mendata pemilik lahan kosong agar bertanggung jawab. Kemudian, menjaga kebersihan dan lahannya, jangan sampai terjadi kebakaran. Namun, instruksi itu tak berjalan sesuai harapan.

”Kami juga sudah melakukan berbagai upaya penanganan pemadaman oleh tim gabungan pemadam di darat dan udara menggunakan bantuan helikopter water bombing. Saya sudah sampaikan kondisi ini ke provinsi dan pemerintah pusat memonitor terus setiap saat. Apalagi kualitas udara di Kotim dalam dua hari ini angkanya sangat tinggi dan berbahaya,” katanya. (daq/ang/hgn/ign)



Baca Juga :  Celaka karena Langgar Aturan, Truk Tronton Ambles di Jalan Sempit Pangkalan Bun

Pos terkait