Gizi dan Kesehatan Jantung

Mariana Komariah
Mariana Komariah

Kalau kamu sudah terbiasa dengan pola makan diet untuk kesehatan jantung, kamu boleh melakukan cheat day. Artinya, mengonsumsi makanan yang biasanya kamu hindari pada hari tertentu.   Seperti cokelat, camilan manis, keripik kemasan, minuman manis, dan lain-lainnya.

Akan tetapi, tetap perhatikan porsi dan kapan kamu mengonsumsinya agar tidak kebablasan dan merusak pola makan sehat yang sudah kamu jalani selama ini.

Bacaan Lainnya

Lalu siapa saja yang perlu melakukan diet jantung ini? Setiap orang sebaiknya perlu menjaga pola makan dan mengikuti anjuran diet untuk kesehatan jantung ini. Mengutip American Academy of Family Physicians, diet jantung sudah bisa dilakukan sejak anak usia 3 tahun. Pasalnya, semakin dini memulai kebiasaan ini, semakin rendah pula risiko penyakit jantung yang mungkin dimiliki.

Meski demikian, beberapa orang perlu melakukan diet jantung ini ketimbang yang lainnya, seperti: Penderita penyakit jantung koroner, pernah mengalami serangan jantung, penderita diabetes, penderita hipertensi, orang dengan kolesterol tinggi, dan orang dengan obesitas

Baca Juga :  Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Ingat, jangan lupa konsultasikan lebih lanjut dengan dokter atau ahli gizi kalau kamu ingin mengubah pola makan yang lebih sehat, untuk menjaga kesehatan jantung. Yang mana nantinya, dokter akan menyesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. (Mahasiswa Sarjana Terapan Gizi & Dietetika Politeknik Kesehatan Kemenkes Palangkaraya)

 

 

 

 



Pos terkait