Gizi dan Kesehatan Jantung

Mariana Komariah
Mariana Komariah

Oleh: Mariana Komariah

SALAH satu penyakit yang menyumbung tingginya angka kematian di dunia adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung. Penyakit jantung juga telah menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia sejak tahun 1992. Hasil survei Departemen Kesehatan menyebutkan bahwa penderita penyakit jantung telah mencapai 160 orang per 100.000 orang.

Bacaan Lainnya

Penyakit jantung koroner salah satunya yang mana diakibatkan oleh aterosklerosis. Aterosklerosis adalah peradangan pada pembuluh darah yang menimbulkan penebalan dan pengerasan dinding arteri. Gangguan ini terjadi karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak konsumsi alkohol, makanan berlemak, kurang olahraga, dan merokok berlebihan. Tidak hanya pada jantung, masalah ini juga terhubung dengan pembuluh darah yang terjadi penyumbatan dipembuluh darah jantung akibat penumpukan plak.

Dalam hal ini, diperlukan perubahan kebiasaan pola hidup dan pola makan sehat agar bisa terhindar dari penyakit jantung. Jika sudah mengalami penyakit jantung atau didiagnosis mengidap penyakit jantung, maka perubahan harus tetap dilakukan. Dan itu mungkin membutuhkan bantuan ahli gizi. Namun, sebenarnya apa hubungan antara gangguan jantung dan ahli gizi?

Baca Juga :  Kartini Zaman Now untuk Pemilu 2024

Tentu saja ada. Penyakit jantung yang dialami sering terjadi karena buruknya asupan nutrisi atau pola makan yang salah pada seseorang, sehingga memicu timbulnya masalah pada jantung atau bagian kardiovaskular pada tubuh. Jadi, jika ingin melakukan perubahan pola makan, itu tidak hanya membutuhkan arahan dari dokter ahli jantung saja, tetapi juga ahli gizi.

Lalu bagaimana caranya ahli gizi menangani masalah penyakit jantung, jika memang berkaitan dengan perubahan pola makan? Pertama, ahli gizi melakukan pemeriksaan tubuh dan melakukan wawancara terkait dengan status gizi seseorang. Itu dilakukan untuk meninjau kondisi saluran cerna, metabolisme, dan status gizi.

Setelah megetahui latar belakang status gizi dan kondisi saluran cerna serta metabolisme sesorang yang mengidap penyakit jantung, ahli gizi akan memberikan resep atau terapi nutrisi dan kebiasaan makan baru untuk pengidap, yaitu dengan anjuran kalori yang dibutuhkan, seperti protein, serat, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin harian atau akumulasi yang dibutuhkan tubuh. Tidak lupa, ahli gizi memberikan saran bagaimana asupan zat gizi ini bisa terpenuhi. Bisa melalui cara makan seperti biasa, mungkin juga melalui infus jika memang kondisi tubuh membutuhkannya.



Pos terkait