Hebatnya Gempa Tuban, Pangkalan Bun Ikut Bergetar

gempa
Ilustrasi gempa. (net)

Selang 12 tahun kemudian atau tepatnya 28 Februari 1936, Tarakan kembali diguncang gempa kuat yang ketiga kalinya dengan magnitudo M=6,5. Gempa ini juga dilaporkan menimbulkan kerusakan bangunan rumah.

Selain itu, diperiode tahun 2008 gempa juga mengguncang Pulau Laut Kalimantan Selatan pada 5 Februari 2008. Gempa berkekuatan M=5,8 ini dirasakan guncangannya cukup kuat di Pulau Laut, Pulau Sebuku, Pulau Sembilan, Pagatan, dan Batulicin.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

“Gempa Tarakan Kalimantan Timur 21 Desember 2015. Gempa ini memiliki magnitudo M=6,1. Pusat gempa terletak di laut dengan jarak 29 km arah timur laut Tarakan. Gempa ini merusak banyak bangunan rumah dengan aktivitas gempa susulan mencapai sebanyak 16 kali,” ungkapnya.

Disampaikannya gempa juga menghantam Kendawangan Kalimantan Barat pada 24 Juni 2016. Gempa itu memiliki magnitudo cukup signifikan M=5,1 dan menyebabkan beberapa rumah mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Bahas Listrik Masuk Desa, PBS di Kobar Kumpul

Tercatat, gempa juga pernah mengguncang Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah pada 14 Juli 2018. Gempa dengan magnitudo M=4,2 ini guncangannya dirasakan di daerah Katingan, Kasongan, Batu Tinggi, dan Bengkuang dengan skala intensitas III-IV MMI. Gempa ini dilaporkan menyebabkan 1 rumah rusak ringan.

”Terakhir gempa di Kalimantan dirasakan pada Mei 2019. Seperti yang disampaikan di sini ada beberapa gempa ringan hingga kuat di Kalimantan. Namun, untuk yang kuat kebanyakan di Kaltim, khusus di Kobar, kebencanaan dengan risiko besar memang bencana banjir, karhutla dan longsor, dan untuk gempa termasuk risiko yang kecil,” pungkasnya. (tyo/sla)



Pos terkait