Kejati Kalteng Selidiki Empat Kasus Korupsi

JUMPA PERS : Kepala Kejati Kalteng Iman Wijaya bersama para pejabat utama Kejati Kalteng memberikan keterangan pers penanganan perkara dari Januari - Juli tahun 2021.

Lalu, juga melakukan pemulihan uang negara dalam penagihan kredit macet dana simpan pinjam Bumdes Maju Sejahtera, kecamatan Kapuas Murung senilai  33 juta.

”Kami juga melakukan penyelamatan keuangan negara dari SKK Kepala Kantor Pertanahan Bartim atas gugatan TUN masyarakat sebesar Rp 195 miliar,” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, Kejati juga melakukan berbagai kegiatan, yakni MoU kepada 68 instansi pemerintah, maupun BUMD, BUMD.

“Juga melakukan pelayanan hukum. Termasuk bidang pengawasan dengan  ada enam pengaduan dan satu penjatuhan disiplin. Jadi semua itu dilakukan sejak Januari-Juli 2021. Kedepan saya komitmen akan terus meningkatkan berbagai kinerja maupun hal lainnya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kurun waktu beberapa bulan ini, kejaksaan di bidang Intelijen juga berhasil melakukan  penangkapan DPO atas nama Iwan Setia Putra, tanggal 1 April 2021 terkait izin perkebunan kelapa sawit dengan vonis 7 bulan penjara. Lalu Andreu Philia Alljack, ditangkap 12 April 2021 terkait tindak pidana pemilu yang divonis 2 tahun.

Selain itu, pada bidang Pidum penanganan pidana Narkotika dengan SPDP=380 perkara, P-21=380 perkara dan penuntutan pada masing-masing Kejari se-Kalteng. Lalu, kasus orang dan harta benda ada 117 perkara dan P 21 ada 117 perkara, Tindak pidana umum lainnya SPDP 219 perkara dan P21 ada 219 perkara.

“Yang terakhir bidang Pidsus, kami melakukan  penyelidika tujuh  perkara dalam proses permintaan keterangan.Konkretnya langkah besar akan terus dilakukan oleh jajaran kejaksaan dan kami komitmen melakukan hal tersebut,” tambah Imam.

Selain terkait penanganan perkara, tambah Imam, bahwa Kejaksaan juga melakukan  kegiatan vaksinasi massal Covid-19 yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61.

“Vaksin massal covid-19 ini dilaksanakan di Kejati, Kejari dan Kecabjari se-Kalimantan Tengah. Ada sekitar 10 ribu dosis vaksin yang kita berikan kepada masyarakat hari ini. Untuk di Kejati Kalteng sendiri ada sebanyak 1000 dosis vaksin,” pungkas Imam yang didampingi oleh Wakajati Marang, Asbin Amrizal Tahar, Asintel Komaidi, Aspidum Riki Sapta Tarigan, Aspidsus Douglas Pamino Nainggolan,Asdatun Ronal H Bakara, Aswas Maskur, dan Koordinator Pidsus Ujang Sutisna serta Kasi Penkum Kejati Kalteng Dodik Mahendra. (daq/fm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *