Maskapai Diminta Buka Layanan Kargo, Sugianto Usulkan Peningkatan Bandara

Wapres Meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik Batara
PERESMIAN: Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melihat denah miniatur Bandara Haji Muhammad Sidik, Selasa (30/3).(MMC KALTENG FOR RADAR SAMPIT)

”Di Kalteng ada sejumlah bandara yang bisa dikembangkan lagi. Tentu ini kaitannya tidak hanya menunjang transportasi, tapi juga bagaimana perekonomian Kalteng ditingkatkan,” katanya.

Dalam usulannya tersebut, Sugianto meminta dilakukan perpanjangan landasan pacu Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya sepanjang 500 meter. Jika hal tersebut terealisasi, bandara tersebut akan memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya perpajangan landasan pacu, bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II itu diharapkan ditingkatkan dari sisi daya dukung landasan pacu (PCN) dari 48 menjadi 60, sehingga bisa didarati pesawat jenis Airbus 330-300.

”Tidak hanya Bandara Tjilik Riwut, namun bandara lain di beberapa kabupaten juga perlu ditingkatkan guna menunjang transportasi dan peningkatan perekonomian,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Sugianto juga mengusulkan perpanjangan landasan pacu Bandara Iskandar di Pangkalan Bun maupun dukungan pembangunan bandara baru di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat. Kemudian, Bandara Haji Asan Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur juga perlu ditingkatkan, karena perekonomian di Kotim cukup tinggi dan berpengaruh untuk Kalteng.

Baca Juga :  GAWAT!!! Krisis Anggaran Hantui Kotim, Sejumlah Program Penting Ini Terancam Tak Jalan

”Bandara lainnya juga perlu ditingkatkan, di antaranya Bandara Sanggu di Kabupaten Barito Selatan, Bandara Puruk Cahu di Kabupaten Murung Raya, Bandara Kuala Pembuang di Kabupaten Seruyan, Bandara Tumbang Samba di Kabupaten Katingan, dan Bandara Kuala Kurun di Kabupaten Gunung Mas,” ucapnya.

Sugianto menambahkan, berbicara mengenai pembangunan food estate, maka peningkatan sarana transportasi tidak bisa lepas dari terlaksananya program strategis nasional tersebut. Tidak hanya dari sisi pembangunan moda angkutan darat, sungai, dan penyeberangan, namun juga sarana transportasi udara.

”Peningkatan bandara yang ada di sejumlah kabupaten perlu dukungan pemerintah pusat, sehingga dapat terealisasi dengan cepat. Tentu hal ini diharapkan dapat menjadi perhatian Wakil Presiden,” pungkasnya. (viv/sho/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *