Sambil Menikmati Libur Lebaran, Wisatawan Selipkan Kritik untuk Lokasi Wisata Ini

Wisatawan mengunjungi Pantai Sungai Bakau
DISERBU WARGA: Wisatawan mengunjungi Pantai Sungai Bakau. Lokasi itu merupakan destinasi wisata kebanggan Kabupaten Seruyan. (HENDRI EDITIA/RADAR SAMPIT)

Sementara itu, di Kotim, di hari kedua Lebaran, Pantai Ujung Pandaran di Kecamatan Teluk Sampit, ramai dipadati pengunjung. Wisatawan yang datang tidak hanya dari Kotim, tetapi juga dari daerah tetangga, yaitu Kabupaten Seruyan, Katingan, Kotawaringin Barat, Kota Palangka Raya, bahkan dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Di pantai yang menghadap Laut Jawa ini, wisatawan disuguhi panorama pantai. Selain itu terdapat objek wisata religi, yaitu kubah atau makam ulama bernama Syekh Abu Hamid bin Syekh Haji Muhammad As’ad Al Banjari yang banyak didatangi peziarah dari luar daerah.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Syekh Abu Hamid adalah buyut dari ulama terkenal di Kalimantan Selatan, yakni Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau lebih dikenal dengan sebutan ‘Datu Kalampayan’, dikenal luas dengan kitab karangannya berjudul ‘Sabilal Muhtadin’, yang hingga kini banyak digunakan di sejumlah negara.

Baca Juga :  Motor Jatuh di Jembatan, Pemiliknya Hilang

“Kebetulan ada keluarga datang, jadi kami ramai-ramai berwisata ke sini. Pantai Ujung Pandaran ini memang objek favorit kami kalau berwisata,” kata Adit, salah seorang wisatawan.

”Pantai Ujung Pandaran ini sangat bagus jadi tujuan berwisata, apalagi spot wisatanya terus bertambah. Banyak pilihan sehingga tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat,” tambahnya lagi.

Banyaknya pengunjung diperkirakan akan terjadi hingga akhir pekan nanti, seiring berakhirnya cuti bersama libur Lebaran. Bupati Kotim Halikinnor sebelumnya mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, termasuk saat berwisata. Pengelola fasilitas wisata juga diminta terus mengingatkan pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan.

”Objek wisata tetap kita buka dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan. Pandemi ini belum berakhir, makanya kita tetap harus waspada untuk mencegah penularan Covid-19,” ujar Halikinnor.

Sektor wisata diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong pemilihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Masyarakat diminta membantu pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan agar semua bisa berjalan dengan baik. (hen/sla/ant/ign)



Pos terkait