Sebelas Parpol Bagi-Bagi Rp 5,8 Miliar

Kalteng,provinsi kalteng kucurkan 5.8 M dari APBD untuk bantuan 11 Parpol
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyerahkan bantuan keuangan kepada Ketua DPD PDIP Kalteng, Arton S Dohong, Senin (26/10).(yusho/radarsampit)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah mengucurkan sekitar Rp 5,8 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021, untuk bantuan keuangan 11 partai politik (Parpol) hasil pemilihan umum (Pemilu) 2019-2024.

Sebelas Parpol tersebut, yakni PDIP, Golkar, NasDem, Demokrat, Gerindra, PKB, PAN, PPP, Perindo, PKS dan Hanura. Bantuan keuangan yang diberikan kepada parpol tersebut bervariasi. Dihitung berdasarkan jumlah suara sah pada pemilu yang lalu.

“Bantuan keuangan tersebut diamanatkan undang-undang, dari perhitungannya, penyalurannya, dan lain sebagainya. Bantuan keuangan ini untuk operasional parpol, yang tentu ada pertanggungjawabannya,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Selasa (26/10).

Dalam penyaluran bantuan keuangan pada tahun ini, satu suara sah yang diperoleh parpol dinilai atau dihitung sebesar Rp 5.000. Nilai satu suara sah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yang hanya dihitung Rp 1.235.

“Dengan tingginya bantuan keuangan ini, saya mengharapkan orang parpol punya semangat lagi untuk membantu membangun Kalteng. Karena memang kontribusi orang politik memang sangat diperlukan,” ucapnya.

Baca Juga :  Motor Dinas Polisi Raib Dicuri

Meski bantuan keuangan tersebut sudah mengalami kenaikan dari Rp 1.235 menjadi Rp 5.000 per satu suara sah, Sugianto mengharapkan ke depan ada kenaikan hingga Rp 15 ribu per suara. Tentunya dengan memperhitungkan kemampuan anggaran pemerintah, dirinya yakin hal tersebut bisa direalisasikan.

“Artinya jika Rp 15 ribu untuk satu suara sah, maka bantuan keuangan yang dikeluarkan pemerintah untuk 11 parpol hanya sekitar Rp 15 miliar lebih,” tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.