Wabup Kotim Kecewa Camat Tak di Tempat saat Bencana, Begini Jawaban Camatnya

bantuan banjir
SALURKAN BANTUAN: Wabup Kotim Irawati menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Mentaya Hulu, Rabu (14/9).

”Paket sudah diserahkan untuk warga di Kecamatan Mentaya Hulu, Telaga Antang, dan Antang Kalang,” katanya.

Irawati kembali mengingatkan camat dan kades setempat yang dilanda banjir agar siaga dan tidak perlu keluar daerah. ”Sesuai arahan Bupati, khusus daerah yang saat ini dilanda banjir diusahakan camat dan kadesnya siaga. Kalaupun ada urusan yang mengharuskan berangkat ke Kota Sampit, diusahakan harus cepat dan tenaga kesehatan di puskesmas harus siaga. Alhamdulillah dinkes juga ikut mendampingi meninjau langsung lokasi banjir,” kata Irawati.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Menurutnya, keberadaan camat, kades, dan tenaga kesehatan di puskesmas, apalagi saat banjir melanda sangat penting. ”Di saat situasi seperti ini, warga pasti ada yang mengeluh sakit. Tolong puskesmas cek ketersediaan obatnya. Jangan sampai layanan kesehatan masyarakat terganggu hanya karena obat tidak tersedia,” katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat agar mengungsi ke rumah kerabat terdekat apabila rumahnya sudah tidak aman. Namun, bagi masyarakat yang memang tinggal di bantaran sungai dan kerap menjadi langganan banjir, sebaiknya pindah membangun rumah yang lebih aman di dataran yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Angkutan Berat di Sampit Dilarang Melintas Pada Jam-Jam Ini

”Saya sudah ada komunikasi dengan kades, agar dibantu siapkan lahan untuk warga yang rumahnya sering kebanjiran agar diusulkan dibantu direlokasi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Seperti di Desa Hanjalipan, Kecamatan Kotabesi, masyarakat setempat diusulkan pindah. Namun, sampai saat ini masyarakat tetap tak mau pindah dan tetap betah bermukim di bantaran sungai.

”Di Desa Hanjalipan itu sudah pernah diusulkan agar direlokasi. Tapi, menurut pengakuan kades, memang masyarakatnya yang tak mau pindah, jadi susah. Kembali lagi ke kesadaran masyarakatnya,” katanya.

Sebelumnya, Irawati sempat kecewa dengan Camat Mentaya Hulu yang tidak ada di tempat saat wilayahnya saat ini masih dilanda banjir. Camat Mentaya Hulu diketahui sedang ke Kota Sampit mengikuti tiga kegiatan. Warga mengaku kecewa dan menyebut jarang menemukan camatnya berada di tempat.



Pos terkait