Warga Perumahan di Sampit Ini Sebulan Lebih Krisis Air Bersih

Pasokan Bermasalah, PDAM Sebut Kesalahan Rancangan Developer Perumahan

pdam cek jaringan
PENGECEKAN: Petugas PDAM saat mengecek salah satu titik jaringan pipa PDAM di wilayah Kelurahan Baamang Hulu, Jumat (28/4) malam. (IST/RADAR SAMPIT)

”Kalau dari arah Bukit Permai dan Bangkirai itu lancar. Kalau masih tidak lancar, berarti lokasi rumahnya berada jauh dari pipa induk, sehingga distribusi air ke pelanggan tidak lancar,” tambahnya.

Saat Ramadan hingga Lebaran, lanjut Firdaus, konsumsi air memang meningkat, sehingga, rumah yang berada jauh dari pipa induk tidak menerima distribusi air dengan lancar karena sama-sama menggunakan air di waktu yang sama.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Itulah risikonya pemasangan air PDAM di wilayah perumahan yang ditangani swadaya. Mereka hanya menghitung berapa banyak yang ingin memakai dan berlangganan air PDAM saat itu, tapi tidak memikirkan perumahan akan terus berkembang, sehingga kebutuhan air juga meningkat. Semakin lama pipa yang dipasang juga tidak memenuhi syarat,” katanya.

Firdaus menegaskan, hal tersebut menjadi pembelajaran bagi developer atau pengembang perumahan untuk berkoordinasi dan memperhitungkan berapa unit rumah yang akan dibangun.

Baca Juga :  Di Kecamatan Ini Rumah Pasien Covid-19 Ditandai Stiker

”Semestinya developer sudah menghitung berapa unit rumah yang dibangun. Tidak hanya berbicara pada tahun ini, tetapi pada rencana yang akan datang dan itu harusnya menjadi tanggung jawab developer dan bisa dimasukkan ke dalam biaya rumah, bukan lewat swadaya masyarakat,” ujarnya.

Apabila melalui swadaya, tambahnya, hanya untuk satu sampai lima tahun ke depan, sementara jumlah rumah dan penduduknya semakin bertambah, yang berpotensi menimbulkan masalah ke depannya.

”Kami harapkan developer bisa berkoordinasi dan memperhitungkan rencana pembangunan rumah, sehingga masyarakat dan seluruh pelanggan PDAM menerima distribusi air lancar tanpa kendala,” katanya.

Firdaus menambahkan, khusus pemasangan saluran jaringan baru yang rumahnya jauh dari pipa induk sangat tidak disarankan menggunakan pipa berdiameter kecil. ”Perumahan Kencana itu pipanya diameternya kemungkinan hanya 2 inchi, seharusnya berukuran 3-4 inchi. Kecuali rumahnya tinggal dekat pipa induk, pasang yang 2 inchi tidak jadi masalah di kemudian hari,” jelasnya. (hgn/ign)



Pos terkait