Aksi Nyata BUMN untuk Penguatan Kompetensi Sang Pengemban Pilar Demokrasi (1)

Dari Kegiatan UKW yang Digelar PWI Pusat Bekerjasama dengan PT PLN dan Pegadaian di Kota Palangka Raya 

UKW PWI Kalteng
PEMBUKAAN UKW : Peserta berfoto bersama para penguji dan perwakilan pejabat dari PT PLN saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Aula Benuas-Ulin Hotel Luwansa Palangka Raya, Jumat (12/1/2024) pagi. (istimewa)

Ketua Bidang Pembinaan Daerah M Harris Sadikin mewakili Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun mengatakan, kegiatan UKW yang bekerjasama antara PWI Pusat dengan BUMN sudah terselenggara mulai tahun 2023.

Dia menyebutkan batch satu, kegiatan UKW diselenggarakan di 10 provinsi dimulai dari Aceh, Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Kupang,Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Lampung, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Provinsi Bengkulu dan Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

“Kalteng ini provinsi kelima, minggu depan 19-20 Januari dilanjutkan kegiatan UKW di Lombok dan Papua. Batch satu ini akan ditutup di wilayah Bengkulu dan Yogyakarta pada Januari bulan ini juga,” kata M Harris Sadikin.

Harris mengatakan kegiatan UKW secara gratis ini berawal dari pertemuan antara PWI Pusat dengan Menteri BUMN Erick Tohir yang menghasilkan kerjasama dengan BUMN melalui forum humas.

Baca Juga :  Jadi Rebutan Warga, Kejari Kobar Tegaskan Tanah Eks FLTI Milik Negara

“Kegiatan UKW ini tidak ujuk-ujuk terselenggara. Hasil kerjasama ini salah satunya untuk meningkatkan profesionalitas wartawan. Setiap provinsi berbeda-beda sponsor tetapi tetap dibawah naungan BUMN. Untuk Provinsi Kalteng kerja sama dilakukan bersama BUMN melalui PT PLN dan PT Pegadaian,” terangnya.

Kerja sama ini akan berlanjut pada batch dua yang diperkirakan dimulai April-November 2024 serentak di 38 provinsi dan secara khusus di Surakarta Solo, Jawa Tengah.

“PWI berjuang meningkatkan kompetensi wartawan Se-Indonesia. Melalui UKW ini, diharapkan dapat membangun SDM wartawan yang berkualitas, profesional dan berakhlak,” kata Harris.

PWI Pusat berterima kasih kepada Kementerian BUMN dalam hal ini PT PLN dan PT Pegadaian atas dukungan kerja sama sehingga kegiatan UKW dapat terselenggara secara gratis. BUMN juga menyiapkan hadiah total senilai Rp 50 juta untuk peserta yang ikut serta dalam lomba penulisan feature.

“Terima kasih kami ucapkan kepada BUMN dalam hal ini PT PLN dan Pegadaian atas kerja sama yang sudah mendukung terselenggaranya UKW. Mudah-mudahan kerja sama ini dapat terus berlanjut ke depannya,” tandasnya. (hgn-bersambung)



Pos terkait