Bupati Kotim Minta Jajarannya Tingkatkan Kinerja pada 2023

Pemkab Gelar Evaluasi Akhir Tahun 2022

rapat evaluasi pemkab kotim
EVALUASI: Pemkab Kotim menggelar rapat evaluasi akhir tahun 2022 di aula Rujab Bupati Kotim, Kamis (29/12). (YUNI/RADAR SAMPIT)

Halikinnor mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah dan semua pihak yang telah bekerja keras melakukan akselerasi penyerapan APBD tahun anggaran 2022 dengan tetap mengedepankan kehati-hatian, serta berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Halikinnor menambahkan, untuk meningkatkannya pada 2023 mendatang, diperlukan sinergisitas semua pihak. Di antaranya, dengan membidik pendapatan daerah untuk memenuhi kebutuhan belanja daerah yaitu bersumber dari pendapatan asli daerah (PAD), transfer pemerintah pusat, dana bagi hasil provinsi, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Begitu juga dengan PAD, kita harus mampu berinovasi untuk menggali potensi PAD agar dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat,” harapnya.

Terkait dana transfer pemerintah pusat ke daerah dan alokasi APBN tahun 2023 di Kotim, terdiri dari dana bagi hasil (DBH) sebesar Rp285,3 miliar lebih, dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp805,1 miliar lebih, dana alokasi khusus (DAK); terdiri dari DAK fisik Rp34,7 milyar lebih, DAK alokasi khusus nonfisik Rp200,1 miliar lebih, dana desa Rp 149,1 miliar lebih, insentif fiskal Rp10,2 miliar lebih, DIPA kantor daerah Rp307 miliar lebih.

Baca Juga :  Jadi Kabupaten Penghasil ”Emas Hijau", Kotim Terima Dana Bagi Hasil Rp46 Miliar

”Apabila kita mencermati dana transfer pemerintah ke daerah dan alokasi APBN tahun 2023, tentunya pelaksanaan pembangunan di Kotim tidak hanya dilakukan pemerintah daerah saja, akan tetapi dukungan dari instansi vertikal, perbankan, dan dunia usaha yang juga sangat berperan penting untuk mewujudkan visi dan misi Kotim,” tuturnya.

Halikinnor berterima kasih kepada instansi vertikal yang telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan selalu  berkoordinasi dengan Pemkab Kotim dalam melaksanakan kegiatan guna terwujudnya sinergitas pembangunan.

Selain itu, Pemkab Kotim juga berharap pihak perbankan memperhatikan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah dengan memberikan kemudahan kredit usaha rakyat yang tepat sasaran. Sehingga dapat membantu pembangunan khususnya peningkatan pendapatan masyarakat.



Pos terkait