Harga-Harga Melejit, Perekonomian Rakyat Kian Tercekik

gas elpiji
Ilustrasi. (jawapos.com)

”Dari 17 kecamatan di Kotim, masih ada enam kecamatan yang belum mendapatkan alokasi elpiji, karena belum ada konversi dari minyak tanah ke elpiji, sehingga masih meminta jatah kuota dari kecamatan lain,” kata Axcel.

Axcel menambahkan, wilayah Kotim memiliki 6 agen dan 416 titik pangkalan elpiji yang tersebar di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang, Cempaga Hulu, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Pulau Hanaut, Seranau, Parenggean, Teluk Sampit, Tualan Hulu, Antang Kalang, dan Bukit Santuai.

Bacaan Lainnya

”Dari 17 kecamatan di Kotim, ada 416 titik pangkalan yang tersebar di 12 kecamatan. Lima kecamatan lainnya belum mendapatkan pasokan elpiji dan masih meminta jatah dari kecamatan lain,” jelasnya.

Terpisah, PT Pertamina Patra Niaga melalui Unit Manager Communication Relation dan CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan Susanto August Satria mengatakan, kuota gas elpiji 3 kg untuk wilayah Kotim dijatah sebanyak 9.387 Matriks Ton.

Baca Juga :  Pastikan Semua Warga Kotim Punya Hak Pilih saat Pemilu 2024

”Kuota yang disediakan untuk wilayah Kotim disesuaikan dengan kebutuhan wilayah masing-masing melalui koordinasi dengan pemerintah setempat,” kata Susanto August Satria.

Sementara itu, mengenai HET untuk wilayah Kotim untuk tingkat pangkalan harga elpiji 3 kg, dijual dengan kisaran Rp 17.250-18.500, tergantung masing-masing kecamatan.

Pernyataannya tersebut sesuai SK Gubernur Kalteng Nomor 188.44/552/2016 tentang Harga Eceran Tertinggi Tabung 3 Kilogram di Kotim yang ditandatangani Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pada 30 November 2016 lalu. Dalam tabel lampiran, harga di tingkat agen dan pangkalan di setiap kecamatan bervariasi. HET paling tinggi di Kecamatan Bukit Santuai sebesar Rp 12.750 di tingkat agen dan Rp 21.250 untuk pangkalan.

Susanto mengatakan, Pertamina selalu mengimbau setiap agen dan pangkalan agar menjual harga sesuai HET. Pihaknya akan memberikan teguran pada agen atau pangkalan yang terbukti melakukan kecurangan dalam permainan harga gas elpiji subsidi 3 kg.

”Tegurannya mulai dari surat peringatan tertulis hingga pemutusan hubungan,” tandasnya. (hgn/ign)



Pos terkait