Jaga-Jaga Karhutla di Kalteng, Sudah Ribuan Personel Disiagakan

PENGECEKAN: Gubernur Sugianto Sabran melakukan pengecekan personel dan peralatan persiapan pencegahan karhutla di Kalteng, Kamis (4/3) YUSHO/RADAR SAMPIT
PENGECEKAN: Gubernur Sugianto Sabran melakukan pengecekan personel dan peralatan persiapan pencegahan karhutla di Kalteng, Kamis (4/3) YUSHO/RADAR SAMPIT

PALANGKA RAYA , RadarSampit.com – Sebanyak 8.312 personel dikerahkan untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di  Kalimantan Tengah (Kalteng). Ribuan personel tersebut merupakan tim gabungan dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kehutanan,  Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Tim Serbu Api Kecamatan (TSAK), dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

“Prioritaskan upaya pencegahan melalui deteksi dini, monitoring areal rawan hotspot dan titik api, pemantauan kondisi harian di lapangan,” kata Gubernur Sugianto Sabran saat Apel Gelar Pasukan Persiapan Pencegahan Karhutla, Kamis (4/3).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ancaman karhutla dari tahun ke tahun memiliki karakter yang berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan kondisi lahan, cuaca, dan aktivitas oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, pencegahan dini menjadi prioritas utama dalam penanggulangan karhutla. Diharapkan infrastruktur monitoring dan pengawasan harus sampai level bawah, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga :  Meregang Nyawa di Tangan Cucu Sendiri

“Jangan biarkan api membesar, harus tanggap dan jangan terlambat sehingga api sulit dikendalikan,” ucapnya.

Terkait upaya pencegahan karhutla tahun ini, pemerintah provinsi telah menyiapkan anggaran melalui belanja tidak terduga sebesar Rp 100 miliar, dan dana Tugas Pembantuan Badan Restorasi Gambut (BRG).

“Tahun 2020 pencegahan karhutla sudah sangat bagus, sehingga pada tahun 2021 ini hal tersebut bisa dilakukan lagi. Kalau bisa lebih baik lagi dari yang dilakukan sebelumnya,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.