Kalteng Dihantam Bencana Berlipat Ganda

banjir
BANJIR: Suasana banjir yang terjadi di Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (23/8). (IST/RADAR SAMPIT)

Berdasarkan informasi yang diterima BPBD, jumlah rumah yang terendam di Desa Sungai Dau sebanyak 11 rumah, dengan jumlah kepala keluarga mencapai 14 KK dengan 40 jiwa. Selain itu, air juga merendam fasilitas umum, seperti PAUD, pos, dan gedung perpustakaan sekolah. Di Desa Sungai Dau, ketinggian air di jalan mencapai 70 sentimeter hingga 1 meter.

”Saat ini satgas banjir terus melakukan pemantauan dan membantu warga untuk evakuasi ke tempat yang lebih aman,” katanya.

Bacaan Lainnya

Syahruni menambahkan, apabila situasi semakin memburuk, tempat pengungsian, dapur umum, dan posko kesehatan di aula Desa Sambi dan kantor desa sudah disiapkan. Dia mengimbau warga agar selalu waspada dengan kondisi air dan cuaca, serta diharapkan melakukan patroli rutin secara bergantian bersama unsur TNI dan Polri untuk memastikan keamanan rumah.

Pihaknya terus memperbarui pendataan korban terdampak banjir, terutama warga lanjut usia dan anak-anak. ”Kami juga sedang berkoordinasi dengan perusahaan di sekitar kawasan terdampak banjir untuk menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak,” katanya.

Baca Juga :  Korban Banjir Kobar Bisa Terus Bertambah

Sebagai informasi, meskipun ketinggian air semakin meningkat, tidak semua warga mau mengungsi dan meninggalkan rumah. Masyarakat yang terdampak banjir menyiasati dengan membuat panggung di dalam rumah untuk menaruh barang-barang berharga dan untuk mereka tidur. (yn/tyo/sla/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *