KEREN!!! Sungai Sekonyer Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Andalkan Keasrian Alam, Susur Sungai, dan Satwa Endemik

sekonyer
SUNGAI SEKONYER: Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata Kemenparekraf Indra Ni Tua, disambut acara adat saat masuk Desa Sungai Sekonyer, Minggu (2/10). (SYAMSUDIN/RADAR SAMPIT)

Namun demikian, ada juga kendala-kendala yang dialami desa setempat dalam mempromosikan diri. Diera digital seperti sekarang ternyata desa ini masih sulit dalam mengakses jaringan internet sehingga penyebaran konten sebagai sarana promosi desa belum bisa maksimal.

Sejalan dengan penjelasan Sekretaris Desa itu, salah seorang Juri yang hadir juga menimpali apa yang dilihat di desa tersebut. Bahkan suasana di desa ini kelasnya sudah mendunia. Tetapi diakui memang perlu polesan dan pengemasan lagi.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Kelasnya Sekonyer ini dunia tapi memang perlu dikemas lagi ke depan,” celetuk salah seorang Juri dalam perbincangan.

Juri ini pun menegaskan ada dua hal penting dalam penilaian, yakni keunikan, kemudian keaslian dan kondisi berbeda dengan daerah lain. Hal itu ternyata juga ada terdapat di Desa Sungai Sekonyer.

”Kita bisa menikmati oksigen sesejuk dan suasana seindah ini di Sekonyer,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata Kemenparekraf, Indra Ni Tua, juga mengatakan, kehebatan Desa Sungai Sekonyer salah satunya ternyata memiliki manajemen risiko termasuk ketika terjadi kebakaran sudah diatur dan disiapkan sedemikian rupa bagaimana penanganannya.

Baca Juga :  Pelamar CASN Diminta Isolasi Mandiri Dua Pekan

”Ini luar biasa, kalau ditanya kesan, maka saya menjawabnya luar biasa, kelasnya internasional tetapi memang masih perlu polesan lagi nantinya,” tuturnya.

Ia berharap melalui ADWI 2022 ini, Sekonyer menjadi lebih maju dan masyarakatnya semakin sejahtera. Pihak ketiga melalui CSR akan mendampingi desa ini dengan harapan dapat menjadi nilai positif dalam kesejahteraan masyarakat setempat.

Sementara untuk puncak ADWI 2022 adalah pada 30 Oktober mendatang. Nanti dari semua desa yang masuk nominasi akan diundang kemudian diumumkan.

”Kalau dikasih tahu sekarang pemenangnya tidak seru, maka nanti akan diundang semua pada saat pengumuman,” tuturnya sambil bercanda.

Untuk diketahui, kedatangan Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata, ini didampingi tim juri, kemudian Penjabat Bupati Kobar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten Kobar, Kepala Balai TNTP dan perwakilan dari Polres Kobar. Kehadiran mereka disambut dengan acara adat setempat. (sla)



Pos terkait