Kisah Mistis Museum Kayu Sampit, Ada Cerita Penampakan Cristopel Mihing hingga Gambar Bergerak

museum kayu sampit
WISATA EDUKASI: Pelajar SMPN 1 Sampit didampingi guru wali kelas mengunjungi sekaligus mencatat koleksi benda bersejarah yang ada di Museum Kayu, Selasa (21/2). (HENY/RADAR SAMPIT)

”Ibu Wiwi, Kepala UPTD Museum Kayu dulu juga pernah melihat lukisan foto HM Arsyad bergerak,” tambahnya lagi.

Pada 2006 silam, ada pameran yang digelar di Museum Kayu. Pengunjung melihat ada seorang nenek duduk di atas kepala tulang ikan paus di lantai dua.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Di tahun 2019, seorang pelajar SMKN 4 Sampit juga mengalami pengalaman Cristopel Mihing berjalan. ”Pelajar itu nanya ke saya sambil menunjukkan foto Cristopel Mihing, Bupati Kotim Periode 1961-1963 dan bertanya, bapak ini masih hidup kah? Saya melihat beliau berjalan di Museum Kayu dan saya katakan Bapak Cristopel Mihing sudah lama wafat,” ujarnya.

Pada 2021, Agustina dan Esti juga mengalami hal aneh. Saat itu mereka sedang lembur mengerjakan laporan. ”Saat itu malam Jumat. Waktu masuk ruangan sudah tak nyaman, mau keluar ruangan juga tidak berani. Seperti padat aktivitas orang, padahal tidak ada orang,” ujarnya.

Baca Juga :  Dua Pencuri Motor Ini Bermodal Kunci Duplikat

Di luar banyaknya pengalaman mistis yang dialami, Agustina dan pemandu museum lainnya sebisa mungkin memberikan wisata edukasi. Mereka tak ingin mengaitkan dengan hal mistis.

”Di Museum ini ada disediakan photo boot untuk tempat berfoto. Tujuannya agar menjauhkan dari stigma masyarakat yang sering mengaitkan hal mistis di museum. Sebagai umat Muslim, kami harus mempercayai keberadaan makhluk gaib yang kasat mata. Di mana saja, di tempat mana saja tidak mesti di museum, itu ada. Tergantung sikap saja. Kalau tidak niat mengganggu, yakin saja ’mereka’ tidak mengganggu dan yang terpenting selalu berdoa dan ucapkan salam setiap memasuki ruangan manapun agar mereka menyadari keberadaan kita. Mereka bisa melihat kita, tetapi kita sebagai manusia tak bisa melihat mereka,” ujarnya. (***/ign/bersambung)



Pos terkait