Seperti Ini Upaya Seranau Cegah Amukan Karhutla

Sadarkan Petani agar Tak Bakar Lahan, Masyarakat Diberi Pelatihan

cegah karhutla seranau
CEGAH KARHUTLA: Camat Seranau Juliansyah membuka kegiatan lokakarya pencegahan dan pelatihan penanganan karhutla yang dihadiri masyarakat peduli api, BMKG, PT RMU, BPBD Kotim dan sejumlah instansi terkait di Aula Kecamatan Seranau, Selasa (6/6). (Heny/Radar Sampit)

Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menjadi salah satu wilayah yang kerap jadi langganan kebakaran hutan dan lahan. Kemarau tahun ini, warga setempat bersiap mencegah dan bertempur dengan amukan api.

HENY, Sampit

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Pemerintah tak bisa bekerja sendiri menangani karhutla. Masyarakat di lapangan jadi kunci dan ujung tombak pencegahan agar bencana asap tak terulang. Pemerintah Kecamatan Seranau membekali warga dengan pelatihan pencegahan dan penanganan karhutla.

”Kami mengharapkan dengan adanya pelatihan pencegahan dan teknis pemadaman karhutla ini, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Regu Siaga Api di Kecamatan Seranau dapat meningkatkan kapasitasnya, baik secara teori maupun teknisnya di lapangan,” kata Juliansyah, Camat Seranau, Selasa (6/6).

Dia menuturkan, Seranau memiliki MPA yang beranggotakan 10-20 orang di setiap desa dan kelurahan. Ada pula RPA yang merupakan binaan perusahaan yang ikut berperan menangani kasus kebakaran lahan.

Pelatihan yang digelar pihaknya dilaksanakan selama dua hari, pada 6-7 Juni. Adapun pihak yang diundang sebagai pemateri dari BMKG Stasiun Bandara Haji Asan Sampit, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Mentaya Tengah dan Seruyan Hilir Dinas Kehutanan Kalteng.

Baca Juga :  Kasat Lantas Polres Kotim Berganti

”Kegiatan ini tidak hanya untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat peduli api dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla, tetapi juga menyasar petani yang selama ini masih melakukan cara lama membuka lahan dengan cara membakar,” ujarnya.

Juliansyah menuturkan, sebagian besar permukaan tanah di Kotim merupakan kawasan gambut. Termasuk di Seranau. Daerah tersebut rawan karhutla. Apalagi dipicu kemunculan api yang umumnya disebabkan unsur kesengajaan.

”Mulai Januari-Juni ini sudah ada beberapa kali kejadian kebakaran lahan di Kampung Benyamuk, Kelurahan Mentaya Seberang, Desa Batuah, dan Desa Terantang. Ketiga wilayah ini termasuk rawan kebakaran yang setelah dilakukan pemeriksaan di lapangan, diduga karena unsur kesengajaan. Sasaran kami menyadarkan masyarakat, terutama petani di Seragam Jaya, Ganepo, Terantang, dan Mentaya Seberang agar tidak membuka lahan dengan cara membakar,” katanya.



Pos terkait