Tahun Depan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Dimulai

Kotawaringin Barat Optimis Bisa Menjalankannya

Tahun Depan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Dimulai
VAKSINASI ANAK: Pelaksanaan vaksinasi di SMPN 3 Pangkalan Banteng beberapa hari lalu. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah telah mendapat lampu hijau untuk memulai pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6 -11 tahun. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

Seperti diektahui bahwa pandemi Covid-19 telah berdampak luas terhadap perkembangan anak dalam hal kesehatan (fisik dan mental), aspek sosial, dan juga pendidikan. Indonesia merupakan negara dengan jumlah usia anak yang cukup besar dan anak merupakan aset human capital masa depan suatu negara.

Sekalipun berdasarkan data dari laman Satgas Covid-19 saat ini kasusnya sudah mengalami penurunan, namun pada bulan Juni 2021 pada saat tingkat infeksi Covid-19 cukup tinggi, menunjukkan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia untuk kelompok anak cukup banyak, yaitu mencapai 2,9% untuk usia 0 – 5 tahun dan 10% untuk usia 6 – 18 tahun.

Dengan belum menentunya waktu kapan pandemi Covid-19 di Indonesia dan juga secara global akan berakhir, maka sistem pelayanan kesehatan harus dapat mengantisipasi kemungkinan bertambahnya kasus Covid-19 pada anak, termasuk perlunya vaksinasi untuk usia anak.

Sementara itu, dengan mulai diberlakukannya pembukaan sekolah tatap muka secara bertahap, anak juga berpotensi menjadi pembawa virus Covid-19 setelah beraktivitas di luar rumah dan menularkannya kepada orang lain. Hal ini menjadi kekhawatiran dan harus menjadi perhatian bersama. (sla)

Baca Juga :  Kobar Kerahkan Semua Lini Percepat Vaksinasi

 

 

Pos terkait