Vaksinasi Anak Usia 6 Tahun Plus Dimulai Hari Ini, Ada Syarat bagi Daerah

Vaksinasi Anak Usia 6 Tahun Plus Dimulai Hari Ini
ILUSTRASI.(Jawapos)

Meski begitu, dia belum mau menyebut Indonesia sudah memasuki fase endemi atau tidak. Hal itu disebutnya baru bisa terjawab pada awal 2022 nanti.

Sebab, sebelumnya, Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) M Adib Khumaidi yang menilai kondisi di Indonesia saat ini sudah keluar dari kritis. Namun, Luhut belum bisa memastikan kondisi itu.

Bacaan Lainnya

‘’Ya kita belum berani mengatakan itu tapi dari secara empirik kita memang sudah 150 hari lebih kita bisa flattening dan apakah kita sudah masuk endemi, kita tunggu saja. Saya kira bulan Januari setelah kita lewatin ini semua,’’ ujarnya pada kesempatan yang sama.

Namun, Luhut menyebut, Indonesia mendapatkan apresiasi karena berhasil mengendalikan Covid-19. Dengan pengendalian tersebut Indonesia bisa menggelar even akbar Presidensi G20.

Dia juga turut membandingkan kondisi Indonesia dengan Jepang yang urung menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). ‘’Saya sempat singgung tadi, sebagai contoh kita bangga bubble kita itu jalan dalam rangka G20 dan diapresiasi. Sebagai untuk pengetahuan saja hari ini pertemukan tingkat tinggi di Jepang batal karena mereka tak mampu atau tidak bisa mengendalikan bubble,’’ urai Luhut.

Baca Juga :  Lumpuhnya Trans Kalimantan Bikin Harga Sejumlah Komoditas Mencekik

Meski begitu, dia mengingatkan Indonesia tak perlu bersikap jemawa dan berpuas diri. Sebab, kelengahan dan kelalaian dapat menyebabkan kasus Covid-19 di Indonesia meningkat lagi.

”Saya imbau masyarakat untuk tingkatkan mawas diri, pandemi Covid-19 belum usai. Kita tidak pernah tahu, hanya kesalahan kecil kita bisa mengulangi masa kelam seperti beberapa bulan lalu,’’ jelasnya. (lyn/dee/jpg)



Pos terkait