Astaga!!! Makam Kubah Buyut Datu Kalampayan Terancam Tenggelam

Cegah Abrasi, Kerahkan SOPD Bangun ”Benteng Pertahanan”

abrasi,Datu Kalampayan,datu kalampayan habib,datu kalampayan artinya,datu kalampayan wafat,datu kalampayan pahlawan nasional,datu kalampayan adalah sebutan bagi muhammad arsyad al banjari,datu kalampayan dan guru sekumpul,Pantai Ujung Pandaran,Wakil Bupati Irawati

Kepala Dinas Perikanan Kotim Heriyanto sebelumnya mengatakan, sesuai rencana awal, pemerintah berencana membangunan sabuk pantai sepanjang 3.500 meter. Namun, pembangunan baru diselesaikan sepanjang 1.200 meter dengan anggaran APBN sebanyak Rp 5,7 miliar yang diselesaikan pada 2017. Masih ada sekitar 1.300 meter lagi pembangunan sabuk pantai yang belum dikerjakan.

”Dalam perkembangannya pembangunan sabuk pantai itu rencana dilanjutkan pada 2019 lalu, tetapi ditunda dan memutuskan lebih baik membangun breakwater,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Rencana tersebut berubah setelah mendengar pendapat ahli dari Kementerian PUPR dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. ”Menurut pendapat ahli, ciri khas ombak di Ujung Pandaran lebih ganas dibandingkan wilayah lain, sehingga untuk mencegah abrasi tidak semakin parah, penanganannya tidak efektif dengan membangun sabuk pantai dan lebih diarahkan untuk membangun breakwater,” kata Heriyanto.

Menindaklanjuti persoalan penanganan abrasi, Pemkab Kotim melalui DKP Provinsi telah mengusulkan pembangunan breakwater pada tahun 2019 lalu. Proyek pembangunan tersebut telah dikerjakan sepanjang 150 meter dengan total anggaran kurang lebih sekitar Rp 9 miliar.

Baca Juga :  Ancam Permukiman Penduduk, Ini Enam Titik Abrasi Pantai Keraya yang Kian Parah 

”Pembangunannya sudah dimulai setelah Idulfitri tahun 2018 lalu dan sudah selesai. Tetapi, karena proyek ini ditangani provinsi, kami tidak begitu tahu persis nilai anggaran pembangunan dan perkembangan pembangunannya,” tandasnya. (hgn/ign)

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by radarsampit (@radarsampit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *