Harga Komoditas Pangan di Sampit Melemah

pedagang di pasar subuh sampit sedang melayani pembeli
DAGANG: Pedagang di Pasar Subuh Sampit sedang melayani pembeli, Sabtu (23/7).

SAMPIT, RadarSampit.com – Beberapa hari terakhir, harga sejumlah komoditas pangan di Kota Sampit mulai turun. Daging ayam yang semula Rp 37 ribu – Rp 38 ribu, kini menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

“Daging ayam sudah turun beberapa hari ini, dengan kaki dan kepala Rp 32 ribu, bersih tanpa kaki dan kepala Rp 35 ribu per kilo,” kata Encun, pedagang di Pasar Subuh Sampit, Sabtu (23/7).

Meskipun harga daging ayam turun beberapa ribu dari harga sebelumnya, namun penjualan daging ayam terbilang masih sama seperti biasanya. Apalagi masyarakat baru saja merayakan Idul adha, ditambah lagi saat ini memasuki akhir bulan, sehingga permintaan sedikit menurun.

“Padahal ayam sudah turun tapi yang beli sama saja. Kalau harga naik masyarakat ngeluh, pas harga turun yang beli biasa saja,” sebutnya.

Penurunan harga ayam potong ini sudah biasa terjadi, karena sejumlah sentra peternakan sedang memasuki masa panen secara serentak sehingga stok ayam melimpah. Sebaliknya, jika pasokan kurang maka harga ayam potong akan kembali naik.

Baca Juga :  Generasi Muda Dayak Harus Sekolah!

Untuk bawang merah turun tipis dari Rp 70 ribu menjadi Rp 65 ribu per kilogram, tetapi di beberapa pedagang masih ada yang menjual dengan harga Rp 70 ribu per kilogram.

Komoditas yang mulai turun antara lain cabai, tomat, dan bawang merah. Pedagang merasa bersyukur dengan penurunan harga ini, meskipun turunnya tidak terlalu signifikan. Penurunan harga yang yang cukup lumayan terjadi pada komoditas tomat, semula Rp 24 ribu – Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah besar harganya masih sama, yakbi Rp 110 ribu per kilogram.

Pos terkait