Hasil Investigasi Karamnya KM Satya Kencana III Paling Cepat Diketahui Sebulan

kapal tenggelam
MULAI INVESTIGASI: KNKT mulai melakukan investigasi terhadap tenggelamnya KM Satya Kencana III di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (20/10). (IST/RADAR SAMPIT)

”Surat izin baru keluar tadi. Besok (hari ini, Red) mereka tiba. Saat ini, perusahaan yang kami tunjuk sudah berada di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, KM Satya Kencana III karam di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kabupaten Kobar, Rabu (19/10), sekitar pukul 02.30 WIB. Peristiwa bermula ketika proses penurunan sebuah truk besar dari kapal ke dermaga. Namun, sebelum truk tersebut turun, kapal sudah tak seimbang.

Bacaan Lainnya

Truk besar tersangkut di pintu tangga (rampdoor) yang membuat kapal bergoyang dan miring ke kiri. Akibatnya, air langsung masuk. Agar situasi tak kian parah, dilakukan pembalasan di sisi sebelah kanan. Akan tetapi, lantaran goyangan fuso yang tersangkut cukup besar, fuso di dalam kapal ikut goyang dan memberi beban lebih besar ke sisi kiri, hingga akhirnya kapal tenggelam. (tyo/ign)



Baca Juga :  Antisipasi Lonjakan Penumpang Kapal, Pemkab Kotim Bakal Siapkan Tempat Menginap

Pos terkait