Kisah Adam, Peserta PBPU Pemda yang Berobat Lintas Kabupaten dan Provinsi  

Berobat Gunakan Kartu Identitas Anak, Rujukan Dilayani Empat Rumah Sakit

bpjs kesehatan sukamara
MANFAATKAN BPJS: Adam saat menjalani pemeriksaan mata di RSUD Ulin Banjarmasin dan ketika selesai menjalani operasi mata di RSUP dr Karyadi Semarang. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

Kondisi Adam kini cukup membaik. Kedua bola matanya yang sempat membesar, mulai berangsur normal. Kedua orang tua Adam juga lega. Proses pengobatan Adam yang cukup panjang menjadi pengalaman berharga bagi keluarga mereka.

Apalagi saat di Semarang, Wahyuni yang sedang hamil muda mengalami keguguran karena kelelahan. Dia juga sempat dirawat di RSUP dr Karyadi. Lagi-lagi gratis dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Sukamara Arnold Simatupang mengatakan, berobat ke fasilitas kesehatan (faskes) dengan jaminan BPJS Kesehatan bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), maupun Kartu Keluarga (KK). Peserta cukup memperlihatkan nomor induk kartu identitas, status kepesertaan akan terbaca dalam sistem setiap faskes.

”Sekarang, selain menggunakan kartu JKN-KIS, peserta juga dapat mengakses layanan kesehatan menggunakan NIK di KTP/KIA/KK ataupun menggunakan KIS Digital di aplikasi Mobile JKN,” jelas Arnold, Rabu (30/8), seraya menyampaikan bagi pasien yang berobat di faskes dan mempunyai keluhan pelayanan, peserta bisa menyampaikan pengaduan ke petugas BPJS di rumah sakit, maupun call center yang disediakan, atau bisa lewat aplikasi Mobile JKN.

Baca Juga :  Ketika Sinyal Indosat Melesat di Langit Biru Laut Sukamara

Sementara itu, Bupati Sukamara H Windu Subagio menegaskan, Pemkab Sukamara berkomitmen hadir dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Komitmen itu ditunjukkan dengan alokasi APBD sebesar Rp11 miliar lebih untuk segmen PBPU yang didaftarkan pemkab.

Selain itu, terus meningkatkan cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal itu pun dibuktikan dengan diraihnya predikat Universal Health Coverage (UHC) bagi Kabupaten Sukamara. (***/ign)



Pos terkait