Mudah dan Murahnya Menabung Emas Melalui Tabungan Emas Pegadaian

Tabung dan Simpan Emas Solusi Hadapi Ancaman Resesi Ekonomi

sukamara
- Pegawai UPC Pegadaian Sukamara saat menyerahkan buku Tabungan Emas kepada Najibah usai membuka rekening lewat aplikasi Pegadaian Digital.

“Selesai mentransfer, rekening tabungan saya langsung aktif dan terisi saldo emas 0.0505 gram. Untuk membeli (menabung, Red) emas selanjutnya pun sangat mudah karena lewat transfer rekening, sehingga tak perlu datang ke Pegadaian. Dalam aplikasi juga tersedia layanan pembayaran dan top up pulsa dan listrik, serta pembiayaan,” terang ibu rumah tangga ini, Minggu (2/4).

Pengelola Unit Pembantu Cabang (UPC) PT. Pegadaian Sukamara Juniarti Hambali menjelaskan, Tabungan Emas Pegadaian merupakan salah satu program pelayanan penitipan emas di Pegadaian dalam bentuk investasi. Masyarakat dapat berinvestasi dengan cara menabungkan uang di Pegadaian, dan nilai uang tersebut akan dikonversi menjadi saldo emas murni 24 karat.

Bacaan Lainnya

“Melalui Tabungan Emas Pegadaian memudahkan masyarakat memiliki emas murni, karena prosesnya seperti menabung biasa. Setoran tabungan terserah nasabah dengan minimal Rp10 ribu. Jika konversi saldo emas dalam tabungan sudah mencapai 1,1 gram, maka bisa dilakukan cetak kepingan emas senilai 1 gram, atau dijual kembali ke Pegadaian seharga emas saat itu,” jelas Juniarti Hambali, Jumat (31/3).

Baca Juga :  SD Perdana Juara Turnamen Sepakbola U-12

Menurut Juniarti, proses pembukaan rekening Tabungan Emas cukup mudah. Pemohon hanya mengisi formulir di kantor Pegadaian, outlet dan agen Pegadaian, ataupun bisa melalui aplikasi Pegadaian Digital yang bisa diunduh di Playstore. Syarat pendaftaran cukup melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Biaya administrasi membuka rekening dan buku tabungan hanya Rp10 ribu, sedangkan biaya pengelolaan hanya Rp30 ribu per tahun. Setoran awal membuka rekening tabungan minimal Rp 100 ribu di kantor Pegadaian, dan Rp50 ribu melalui aplikasi Pegadaian Digital.

“Minat masyarakat Sukamara terhadap tabungan emas cukup tinggi. Tercatat hingga bulan Maret 2023 terdapat 870 nasabah aktif,” sebut Juniarti.

Selain bisa mendapatkan keuntungan selisih harga jika buyback saat harga emas naik dalam rentang waktu tertentu, saldo emas tabungan juga bisa dijadikan sebagai gadai pinjaman. Gadai saldo emas memberikan kemudahan bagi nasabah yang membutuhkan pendanaan cepat, tanpa harus menjual saldo emas dalam tabungannya.



Pos terkait