Pendaftaran Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa di Kotim Berakhir

5 panwas
PENDAFTARAN:  Calon anggota PKD yang sedang mengurus berkas pendaftaran di Pengawas Pemilu Kecamatan Antang Kalang baru-baru ini. (IST/RADAR SAMPIT)

”Setelah anggota PKD terpilih dilantik dan menerima Surat Keputusan (SK) pelantikan selanjutnya anggota dinyatakan siap bertugas membantu Bawaslu Kotim mengawasi rangkaian dan tahapan Pemilu 2024 ditingkat desa dan kelurahan sampai satu bulan setelah tahapan proses pemungutan perhitungan suara selesai,” katanya.

Salim menambahkan, tugas anggota PKD akan semakin berat menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Anggota PKD yang bertugas dituntut lebih jeli dalam mengawasi pelaksanaan pemuktahiran data pemilih, pelaksanaan kampanye, pendistribusian logistik pemilu, pelaksanaan pemungutan suara dan proses penghitungan suara di setiap TPS, mengawasi pergerakan surat suara, berita acara penghitungan suara dan pergerakan surat tabulasi penghitungan suara dari TPS sampai ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Bacaan Lainnya

“Anggota PKD juga berperan dalam mengawasi kelurahan dan desa yang terindikasi melakukan politik uang dan mengawasi  semua pejabat pemerintah desa dan kelurahan yang dalam aturan dilarang mengikuti aktivitas dan termasuk tidak boleh ikut terlibat dalam kampanye peserta pemilu,” tandasnya. (hgn/yit)



Baca Juga :  Merasa Jadi Korban Kartel Narkoba, Dua Terdakwa Ini Minta Dibebaskan

Pos terkait