Peringkat PON Kalteng Masih di Papan Bawah

PON
Kontingen Kalteng dipastikan siap berlaga dalam ajang PON XX yang dilaksanakan di Papua pada Oktober mendatang.(istimewa)

PALANGKA RAYA – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Eddy Raya Samsuri memastikan, seluruh kontingen provinsi ini sudah siap mengikuti perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, pada 2-15 Oktober mendatang.

Ia mengatakan, KONI Kalteng manargetkan perbaikan peringkat atau paling tidak mempertahankan peringkat pada PON sebelumnya. Dimana pada PON XIX Jawa Barat 2016 yang lalu, Kalteng berada di peringkat 26 dari 30 Provinsi dengan perolehan medali tiga emas, empat perak dan empat perunggu.

“Meraih medali sebanyak-banyaknya tentu sangat diharapkan, namun demikian perbaikan peringkat menjadi target kami. Ya paling tidak di PON tahun ini minimal bisa mempertahankan peringkat,” katanya, kemarin.

Dalam ajang olahraga empat tahunan tersebut, Kalteng akan mengikuti 19 cabang olaharga dengan mengirim atlet, pelatih, dan official berjumlah 179 orang. Dipastikan semua cabang olahraga tersebut telah melakukan pelatihan daerah dan pelatihan mandiri, sehingga semua kesiapan sudah tgerpenuhi.

“Itu dari sisi kesiapan cabor, kemudian dari sisi kesehatan juga diperhatikan dengan pengecekan kesehatan secara rutin,” ucapnya.

Baca Juga :  Cegah Kasus Bullying Terulang, Polres Lamandau Sambangi Sekolah Setiap Senin

Lebih lanjut dia mengatakan, utusan Kalteng ini akan dibagi ke empat klaster penyelenggataan PON, di antaranya Kota Jayapura akan diikuti oleh cabor binaraga, baseball, softball, volly pasir, bulu tangkis, dayung, sepak takraw, tae kwondo dan tinju.

Kemudian klaster Kabupaten Jayapura terdiri dari renang, panahan dan menembak. Sementara untuk klaster Kabupaten Merauke terdiri dari anggar, bermotor, catur dan sepakbola putri. Sedangkan untuk  Kabupaten Mimika terdiri dari atletik, panjat tebing dan billiard.

“Dengan persiapa yang dapat dikatakan cukup  panjang, tentu kami optimis bisa bersaing ketat dengan daerah lain, dan membawa medali sebanyak-banyaknya untuk Kalteng,” pungkasnya. (sho/gus)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *