Puskesmas Teluk Bogam Gelar Jambore Kader Kesehatan

kepala puskesmas teluk bogam
JAMBORE: Puskesmas Teluk Bogam, Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar jambore kader kesehatan pada Rabu (21/6/2023)

Dari bahan baku hasil bumi juga banyak disajikan. Ada wadak, ramuan rempah, jamu-jamuan berbahan jahe dan kunyit. Produk pertanian hortikultura dan sayur-sayuran. Masing-masing kader kesehatan desa tampak menunjukkan sajian yang khas. Keraya misalnya, selain menampilkan penganan kue basah yang disebut tampungas, juga menyajikan donat berbahan gembili. Sementara Desa Sabuai yang dikenal sebagai pusatnya kebun kelapa, menyajikan minyak kelapa dan virgin coconut oil (VCO).

Dukungan yang diberikan pemerintah desa kepada para kader kesehatannya sangat bagus, bukan hanya ikut membiayai kebutuhan kader-kadernya, para kepala desa dan perangkatnya juga ikut meramaikan kegiatan ini. “Kami berterima kasih pada kades, dan sejumlah pihak yang mendukung kesuksesan Jambore ini,” ucap Dokter Yuni. Sementara, Agus Supriono, mewakili Dinas Kesehatan mengapresiasi kegiatan jambore yang pertama digelar di Kabupaten Kobar, untuk tahun ini.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Tim Inafis Polres Kobar Usut Kebakaran PT Korindo Ariabima Sari

Menurut Agus, budaya hidup sehat penting untuk menghindari penyakit tidak menular (PTM) yang semakin banyak. Ada tiga penyakit utama di masyarakat, yaitu hipertensi, diabetes, dan yang berhubungan dengan masalah otot dan tulang. “Ada pustu, poskesdes, polindes. Di sana bisa cek rutin kesehatan. Puskesmas itu pusat kesehatan, bukan pusat kesakitan,” ujarnya.

Para pemenang tiap lomba menerima penghargaan berupa bingkisan hadiah dan piagam. Untuk pemenang lomba cerdas cermat adalah kader kesehatan Sabuai Timur, Teluk Bogam (pemenang kedua), dan Keraya (ketiga). Penyuluhan dimenangkan oleh Keraya, Sungai Bakau (kedua), dan Sabuai Timur (ketiga). Adapun lomba yel-yel dimenangkan oleh Teluk Bogam, Sabuai (kedua), dan Keraya (ketiga). Lomba memasak dimenangkan oleh Keraya, Sabuai (kedua) dan Teluk Bogam (ketiga). Sedangkan penghargaan stan terbaik diberikan kepada Sungai Bakau.

Selain itu, pada jambore ini juga diberikan penghargaan kepada sepuluh kader kesehatan yang telah bekerja lebih dari 12 tahun di pesisir Kecamatan Kumai, wilayah kerja Puskesmas Teluk Bogam. (sam/sla)



Pos terkait