Ratusan Ton Rotan Disita Polisi di Pulpis, Petani Rotan Kotim Gelisah

Petani Rotan Kotim Gelisah
Ilustrasi. (M Faisal)

”Harus ada intervensi pasar dalam rangka mengawasi bagaimana ketetapan harga di tingkat petani. Kapan perlu stabilisasi harga harus dilakukan agar menguntungkan petani,” ujar politikus Partai Demokrat ini.

Terkait penyitaan ratusan ton rotan oleh Polda Kalteng, Parimus menyebutkan hal itu merupakan ranah penegak hukum. Namun, dengan kejadian tersebut, diharapkan tidak  membuat harga jual rotan di tingkat petani anjlok.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Jangan sampai dimanfaatkan dengan alasan karena penangkapan harga rotan turun. Itu rentan dimanfaatkan oknum pelaku pasar yang akhirnya berdampak kepada petani  di tingkat bawahnya,” katanya.

Masih Lidik

Sementara itu, Polda Kalteng menyatakan masih melakukan penyelidikan terkait ratusan ton rotan asal Kotim yang disita dan dipasang garis polisi di pelabuhan curah cair, kawasan PT Pelindo III, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis).

”Masih dalam penyelidikan dan pengembangan. Untuk kasus tersebut ditindaklanjuti Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalteng,” kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Eko Saputro.

Baca Juga :  Komplek Pasar Minggu Desa Maliku Pulang Pisau Terbakar Hebat

Eko menuturkan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak. Pihaknya juga akan mengusut keberadaan rotan tersebut.

Seperti diberitakan, sekitar 400 ton ton rotan asal Kotim yang diangkut menggunakan kapal ekspedisi, disita Polda Kalteng. Rotan itu dipasang garis polisi di pelabuhan curah cair, kawasan PT Pelindo III, Jalan Abel Gawei, Kecamatan Kahayan Hilir, Pulpis.

Informasinya, rotan yang diduga akan diselundupkan itu disita Polda Kalteng pada Selasa (5/10) lalu. Kapal bernama MUSFITA tersebut masih sandar di Pelabuhan Pelindo III, Pulpis. (ang/daq/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *